Tanaman Hias Daun Merah Apa yang Bagus? Ini Pilihannya yang Serba Unik

tanaman hias daun merah

Memelihara tanaman hias merupakan salah satu cara untuk memanfaat halaman rumah sekaligus untuk membuatnya terlihat cantik. Tanaman hias daun merah bisa dijadikan pilihan karena warnanya yang segar dan unik. Berikut ini rekomendasi jenis tanaman hias yang memiliki daun berwarna merah.

Tanaman Hias Miana

Rekomendasi tanaman hias dengan daun berwarna merah pertama, yaitu miana atau rec coleus atropurpureus. Tanaman hias miana sendiri banyak dibudidayakan di Indonesia dengan sebutan berbeda di setiap daerahnya.

Miana memiliki ciri khas berupa daun berwarna merah menyala yang terlihat sangat cantik dan segar. Tanaman ini bisa tumbuh dengan subur asalkan Anda menyiramnya secara rutin satu kali sehari. Usahakan untuk tidak terlambat melakukan penyiraman agar daun tanaman miana tidak layu.

Selain itu, jangan lupa untuk trimming pertumbuhan miana tidak terlalu meninggi, tetapi tampak rimbun. Kelebihan dari tanaman miana adalah mampu beradaptasi dengan mudah di area yang terang atau teduh, sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika merawatnya.

Tanaman Hias Andong

Pohon ti atau tanaman andong merupakan rekomendasi berikutnya yang memiliki warna tak kalah cantik. Tanaman hias ini memiliki daun panjang dengan perpaduan warna gradasi merah dan hitam yang membuatnya terlihat sangat kontras.

Tanaman hias andong ini cocok ditanam di luar maupun di ruang tamu di dalam pot karena kecantikannya. Pohon ti perawatannya sangat mudah dan tidak membutuhkan cara khusus karena bisa beradaptasi di segala kondisi.

Hebatnya lagi, tanaman ini mampu beradaptasi pada cuaca yang cenderung kering kala matahari sedang terik. Anda hanya perlu menyiramnya secara rutin, yaitu dua kali sehari setiap pagi dan sore agar tanaman tetap segar.

Tanaman Hias Keladi Merah

Rekomendasi tanaman hias daun merah berikutnya ini sedang sangat diburu oleh banyak orang. Keladi merah memiliki daun yang bentuknya menyerupai hati dan berukuran lebar. Sesuai dengan namanya, daun tanaman ini memiliki warna yang terdiri dari gradasi merah.

Kelebihan dari tanaman hias keladi merah ini, yaitu cara perawatannya cukup mudah dan tidak membutuhkan perlakuan khusus. Anda hanya perlu menyiramnya secara rutin agar tanaman tidak layu. Selain itu, tanaman keladi merah ini juga sebaiknya diletakkan di tempat yang terbuka.

Tanaman ini perlu disiram satu kali sehari ketika sedang musim kemarau. Sementara saat musim penghujan, Anda bisa menyiramnya dua hari sekali. Apabila ingin memberi pupuk, hindari kandungan zat N yang tinggi karena bisa memancing klorofil, sehingga warna daunnya akan berubah hijau.

Tanaman Hias Kastuba

Euphorbia pulcherrima atau kastuba merupakan tanaman hias yang tidak memiliki mahkota. Tanaman hias ini tumbuh berupa daun berwarna merah menyala yang mekar. Umumnya, tanaman kastuba merah banyak digunakan untuk hiasan natal.

Anda bisa menjadikannya sebagai tanaman hias di rumah dengan memperhatikan tingkat kelembaban udara yang optimal agar kastuba bisa tumbuh subur. Selain itu, warna merah pada tanaman ini akan tampak semakin menyala ketika cuaca sedang sejuk dan dingin.

Namun, jika cuaca sedang panas, daun tanaman hias kastuba akan berubah menjadi hijau. Salah satu kunci utama untuk memelihara tanaman ini, yaitu tidak menyiramnya terlalu sering. Hal ini bertujuan untuk mencegah akar tanaman kastuba agar tidak mudah busuk.

Beberapa rekomendasi tanaman hias daun merah tersebut bisa dipelihara di halaman rumah maupun ruang tamu. Jangan lupa memperhatikan kebutuhan dari setiap tanaman agar bisa tumbuh dengan baik dan warna merahnya tetap terjaga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *