Mengenal Jenis Bunga Mawar, Namanya Serba Unik

jenis bunga mawar

Bunga mawar ternyata tidak hanya memiliki banyak varian warna, tetapi jenisnya juga tergolong sangat beragam. Berbagai jenis bunga mawar hadir dengan bentuk mahkota yang berbeda-beda dan memiliki kecantikan tersendiri. Lalu, apa saja jenis tanaman mawar yang bisa ditemui? Berikut ini daftarnya.

Bunga Mawar Double Delight

Jenis pertama adalah bunga mawar double delight yang pertama kali ditemukan pada 1977 oleh Swim & Ellis. Bunga mawar ini merupakan hasil persilangan antara garden party dan hybrid tea granada. Mawar double delight bisa tumbuh dengan subur di tanah dengan kondisi lembab dan sedikit asam.

Bunga mawar ini diberi nama double delight karena terdiri dari dua warna dan aroma yang membuatnya tampak mempesona. Mawar double delight akan berubah warna seiring dengan banyaknya intensitas matahari yang diterima.

Apabila matahari sedang terik, bunga mawar yang semula warnanya putih bisa berubah ke warna merah mulai dari tepi kelopaknya. Keunikan lain dari bunga mawar satu ini terletak pada aromanya yang memiliki wangi antara perpaduan pedas dan bau jeruk.

Bunga Mawar Sunsprite

Mawar sunsprite disebut juga sebagai Korresia yang diambil dari nama penemunya, yaitu Reimer Kerdes. Jenis mawar yang satu ini terkenal sangat harum dan memiliki wangi khas. Bunga mawar sunsprite sendiri bisa tumbuh dengan ketinggian 40 sampai 70 sm.

Kelebihan dari bunga mawar ini adalah mampu bertahan dari serangan penyakit atau hama, sehingga tetap bisa bertumbuh dengan baik. Ukuran bunganya ketika mekar cukup besar, yaitu dengan diameter sekitar 8 cm dan beraroma sangat harum.

Biasanya, bunga mawar sunsprite akan mekar ketika bulan Juni hingga September dengan tampilan yang mempesona. Bunga ini bahkan menerima penghargaan dari Gamble Award for Fragrance akibat kecantikan dan wanginya.

Bunga Mawar Eden

Jenis bunga mawar berikutnya adalah eden yang mulai diperkenalkan secara luas di 1985 pada ajang Meilland International. Bunga ini bahkan sempat masuk pada Hall of Fame of The World Federation of Rose Societies pada 2006 karena keindahannya.

Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik asalkan Anda memenuhi kebutuhan cahaya matahari dan airnya dengan cukup. Pertumbuhan batang bunga mawar eden sendiri bisa mencapai 180 hingga 230 cm. Sementara bunganya akan mekar pada akhir musim semi sampai musim panas usai.

Hal unik lainnya dari mawar eden adalah ukuran bunganya yang terbilang besar dengan diameter 10 cm dan jumlah kelopak mencapai 70. Bunga ini menjadi salah satu jenis mawar favorit dan banyak diburu oleh masyarakat.

Mawar Kubis

Jenis mawar yang satu ini memiliki ciri berupa mahkota berukuran besar dan bertumpuk layaknya sayuran kubis. Cara tumbuhnya sendiri dengan merambat, sehingga sangat tepat untuk dijadikan sebagai pagar rumah alami, terutama saat mekar di musim semi dan panas.

Jenis mawar yang satu ini sangat dikagumi karena bentuk bunganya indah serta memiliki aroma terbilang kuat. Akan tetapi, Anda perlu telaten jika ingin membudidayakannya karena perawatan bunga mawar kubis lebih rumit jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Mawar Musk

Satu lagi jenis tanaman mawar, yaitu musk yang mampu tumbuh dengan cara merambat sekitar 3 sampai 10 cm. Bunga mawar musk ini bisa mulai mekar ketika akhir musim semi sampai gugur dengan wangi yang sangat semerbak, bahkan dapat tercium dalam jarak jauh.

Jenis bunga mawar yang satu ini bahkan dijadikan sebagai bahan untuk membuat parfum karena aroma wanginya. Mawar musk memiliki biji yang telatnya di bawah daging buahnya. Biji ini bisa menimbulkan iritasi saat mengenai kulit.

Selain jenisnya, warna bunga mawar ternyata juga berbeda-beda. Bahkan tidak hanya putih atau merah, ada warna lavender, hingga hitam juga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *