Cara Merawat Lidah Buaya, Pastikan Pencahayaannya Cukup!

cara merawat lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah jenis tanaman yang bisa dijadikan sebagai hiasan di rumah sekaligus punya banyak manfaat. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik asalkan Anda mengetahui cara untuk merawatnya. Berikut ini panduan mengenai cara merawat lidah buaya yang benar agar tumbuh subur.

Memilih Media Tanam dengan Baik

Pemilihan media tanam merupakan hal paling pertama yang harus diperhatikan karena akan menjadi tempat tumbuh lidah buaya. Anda bisa membudidayakan tanaman ini pada media tanam berupa tanah dengan  keadaan yang baik agar lidah buaya mampu bertumbuh subur.

Sembarangan memilih tanah sebagai media tanam malah akan membuat pertumbuhan tanaman ini tidak maksimal. Ketika proses penanaman, sebaiknya buatlah media yang berasal dari campuran tanah pasir, batu apung, dan perlit.

Fungsi batu apung dan perlit adalah sebagai media dari tanah untuk tanaman lidah buaya tersebut. Campuran media tanam ini memiliki manfaat agar akar tanaman lidah buaya mampu bertumbuh kokoh dan kuat, sehingga tidak mudah lepas dari pot.

Memberi Pupuk Secara Rutin

Berikutnya, jadikan pupuk sebagai salah satu perawatan wajib lidah buaya yang harus diberikan secara rutin. Pemberian pupuk secara rutin akan membantu memenuhi asupan nutrisi tanaman lidah buaya, sehingga proses pertumbuhannya bisa maksimal.

Hal ini tentu saja sangat menguntungkan apabila Anda ingin melihat tanaman lidah buaya cepat besar dan segera memanfaatkannya. Jenis pupuk yang baik untuk tanaman lidah buaya, yaitu NPK karena kandungan di dalamnya sangat lengkap, seperti kalium, fosfor, dan nitrogen.

Pemberian pupuk pada tanaman lidah buaya ini bisa dilakukan setiap dua minggu sekali, dengan takaran sekitar dua gram saja untuk masing-masing pot. Jangan sampai memberikan pupuk secara berlebihan karena bisa membuat tanaman ini malah cepat busuk. 

Mengecek Suhu di Sekitar

Cara merawat lidah buaya yang selanjutnya adalah mengecek suhu di sekitar tempat penanamannya. Lidah buaya sebenarnya bisa tumbuh di daerah dengan suhu yang terbilang cukup panas. Akan tetapi, suhu di Indonesia yang mampu membuat tanaman ini bertahan hanya mencapai 27 derajat celcius saja.

Apabila suhu udara sudah melebihi batas tersebut, maka sebaiknya segera pindahkan tanaman lidah buaya ke tempat yang lebih sejuk. Selain itu, jangan biarkan tanaman ini bertahan di suhu yang terlalu dingin karena bisa menghambat pertumbuhannya.

Anda perlu menyempatkan untuk melakukan pengecekan suhu secara berkala setiap hari jika ingin tanaman yang kaya akan manfaat ini bisa tumbuh dengan optimal. Selain itu, pastikan juga lidah buaya terlihat segar pada suhu tersebut.

Menyiram Tanaman Secara Rutin

Melakukan penyiraman secara rutin adalah hal yang tidak boleh dilewatkan ketika merawat lidah buaya. Tanaman ini sebenarnya tidak perlu disiram terlalu sering karena mampu menyimpan cadangan air di daunnya. Terlalu banyak menyiram lidah buaya malah akan membuatnya cepat membusuk.

Penyiraman bisa dilakukan dengan memperhatikan tanah yang menjadi media tanamnya terlebih dahulu. Apabila tanah sudah kering, maka sudah saatnya Anda untuk melakukan penyiraman. Apabila ingin yang lebih mudah, jadwalkan penyiraman lidah buaya selama 2 hingga 3 minggu sekali.

Memenuhi Kebutuhan Pencahayaan

Satu lagi hal yang harus diperhatikan dalam merawat tanaman hias indoor ini adalah pemenuhan kebutuhan pencahayaannya. Lidah buaya tergolong ke dalam tanaman sukulen yang membutuhkan banyak cahaya matahari untuk proses pertumbuhannya.

Berkaitan dengan itu, cara merawat lidah buaya yang cukup penting adalah memberikannya cahaya matahari yang cukup pada pagi dan sore hari. Akan tetapi, pencahayaan ini tidak boleh dikenakan secara langsung karena bisa membuat tanaman berubah menjadi kuning.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *