Bunga Warna Ungu Ternyata Unik-unik, Bentuknya Ada yang Seperti Kupu-kupu

bunga warna ungu

Kehadiran tanaman hias tentu membuat rumah tampak cantik karena bisa dijadikan sebagai dekorasi sekaligus menjalankan hobby. Salah satu jenis yang bagus dipilih adalah bunga warna ungu

Bunga seperti ini pilihannya pun cukup banyak. Berikut ini referensi tanaman hias yang memiliki bunga berwarna ungu dan terlihat menawan.

Wandering Jew

Rekomendasi pertama bunga hias dengan warna ungu adalah wandering jew yang tampak sangat cantik jika tumbuh rimbun. Wandering jew merupakan tanaman hias dengan warna ungu yang terlihat sangat estetik. Tanaman hias warna ungu ini bisa dijadikan sebagai dekorasi yang digantung.

Wandering jew memiliki daun yang terdiri dari perpaduan warna ungu di bagian tengah dan perak pada sisi atasnya. Sementara bagian bawah daun tanaman ini memiliki warna merah keunguan yang tampak cantik ketika digantung.

Bunga dengan warna ungu yang satu ini bisa tumbuh subur dengan media tanam tanah dan sistem pencahayaan rendah. Hal penting saat memelihara wandering jew adalah menyiramnya secara rutin agar daunnya tetap tumbuh segar.

Lavender

Apabila membicarakan bunga dengan warna ungu, maka akan identik dengan lavender yang sangat cantik. Lavender merupakan tanaman yang memiliki aroma sangat harum dan biasa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk secara alami.

Hal ini karena tanaman tersebut memiliki kandungan linalool dan linalool yang membuat nyamuk merasa tidak betah. Tak hanya itu saja, lavender juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias yang mudah dipelihara, baik di luar maupun dalam ruangan.

Mengingat warnanya yang sangat cantik, ini membuat lavender cocok dijadikan sebagai dekorasi di ruang tamu. Lavender juga bisa ditanam dengan media yang beragam tanpa perawatan ribet, seperti pupuk kompos, sekam, pasir, dan campuran tanah misalnya.

Anthurium Cavalli Purple

Pilihan bunga warna ungu selanjutnya adalah anthurium cavalli purple yang masuk jajaran salah satu tanaman hias dengan banyak peminat di Indonesia. Tanaman ini memiliki warna hijau yang sangat mencolok dengan bunga ungu segar.

Pada zaman dahulu bunga ini dikenal sebagai tanaman hias istana di kerajaan wilayah Jawa. Tanaman anthurium cavalli purple mampu tumbuh subur di dataran dengan ketinggian 1.400 mdpl. Sementara kebutuhan cahayanya sendiri adalah tidak langsung, yaitu hanya sekitar 30 hingga 60 persen.

Keunikan dari anthurium cavalli purple sendiri adalah perawatannya tidak ribet, yaitu hanya membutuhkan pemupukan tiga bulan sekali. Selain itu, lakukan penyiraman secara berkala agar tanaman ini tetap bertumbuh subur serta tampak segar.

Calincing Kupu-Kupu

Oxalis triangularis, tanaman hias dari Brazil ini dikenal dengan sebutan calincing kupu-kupu. Bunga ini memiliki bentuk seperti sayap kupu-kupu dengan warna ungu yang menawan. Calincing kupu-kupu bisa dijadikan sebagai tanaman hias yang akan mendekorasi bagian interior rumah.

Calincing kupu-kupu sendiri bisa tumbuh subur di area yang lembab, namun tidak terlalu basah. Oleh sebab itu, apabila Anda menjadikannya sebagai interior harus menyiramnya secara rutin. Selain itu, pastikan kebutuhan sinar mataharinya tercukupi agar warnanya tidak memudar.

Calathea Black Lipstick

Satu lagi tanaman bunga dengan warna ungu yang tidak kalah bagus yakni calathea black lipstik yang memiliki lurik dan tampilan sangat menawan. Tanaman hias ini memiliki kombinasi warna yang beragam, yaitu ungu, putih, dan hijau.

Calathea black lipstick ini memiliki varian bunga warna ungu dan pink yang terlihat sangat kontras. Sedangkan bagian daunnya memiliki warna ungu gelap dengan corak garis merah muda. Kombinasi warna tersebut membuat calathea black lipstick memiliki kesan yang sangat elegan.

Selain daftar bunga di atas, jika ingin rumah lebih ceria, Anda bisa menanam beberapa bunga warna kuning. Pilihannya pun banyak dan serba estetik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *