13 Jenis Monstera, Beberapa Tergolong Langka

jenis monstera

Tanaman jenis monster atau janda bolong yang pernah viral 2020 silam merupakan salah satu tanaman hias favorit masyarakat Indonesia. Berikut ini adalah berbagai jenis monstera  yang bisa Anda koleksi sesuai dengan keinginan dan budget tentunya.

Monstera Adansonii

Jenis yang pertama sering dikenal dengan istilah topeng monyet. Tanaman ini dapat tumbuh maksimal hingga panjang 6 meter. Warna khas dari monstera adansonii adalah hijau segar dan mengkilap dengan lubang di permukaan daunnya.

Monstera Deliciosa Variegata

Varietas berikutnya yaitu deliciosa variegata yang cukup mendominasi pasar di Indonesia dan cukup mudah ditemukan. Ciri menonjol dari tanaman ini yaitu pada warna daunnya yang putih pekat dan mencolok berbalut dengan warna hijau segar.

Monstera Borsigiana

Monster borsigiana merupakan tanaman hias yang sering dijadikan sebagai penghias ruangan. Apabila Anda tidak jeli, tanaman ini sering di kloning dalam bentuk plastik mirip dengan aslinya. Ciri khas varietas ini terletak pada ukuran daun yang cukup lebar bila dibandingkan dengan pohonnya.

Monstera Karsten Ranum

Daftar varietas monstera nomor 4 ditempati oleh monstera karsrenianum. Tanaman ini lebih direkomendasikan untuk penghias meja karena ukurannya yang cukup mungil. Apabila dilihat secara sekilas, monstera karsten ranum memiliki bentuk daun seperti daun sirih.

Monstera Acuminata

Jenis monstera berikutnya yang bisa dijadikan koleksi adalah monstera acuminata. Varietas ini masih bersaudara dengan jenis monster deliciosa, pembedanya adalah bentuk daun yang lebih kecil seperti hati. Meskipun kecil, acuminata dapat mencapai panjang maksimal 20 meter.

Monstera Obliqua

Monstera obliqua masih satu keluarga dengan jenis adansonii. Jenis ini menjadi incaran banyak kolektor karena jumlahnya di alam baru ditemukan 17 spesies saja. Jadi, untuk menemukan varietas ini di pasaran mungkin Anda akan mengalami kesulitan.

Monstera Minima

Apabila Anda menginginkan monstera dengan versi miniaturnya, maka minima adalah jawabannya. Varietas ini sebenarnya termasuk dalam jenis Rhaphidophora tetrasperma. Keunikan dari jenis ini yaitu habitatnya menyerupai tanaman anggrek dan tahan di berbagai cuaca.

Monstera Standleyana

Monstera srandleyana memiliki keunikan dan ciri khusus yang membedakannya dari jenis-jenis monstera. Keunikan tersebut terletak pada bentuk daunnya yang bulat dan tidak memiliki lubang sama sekali. Harga untuk setiap pohon standleyana pun cukup terjangkau.

Monstera Dubia

Satu lagi monstera yang masuk dalam kategori langka dan diincar oleh para kolektor. Varietas tersebut bernama monstera dubia dengan bentuk tanaman seperti satin Photo. Meskipun langka, perawatan tanaman ini cukup mudah, yaitu diletakkan di tempat lembab.

Monstera Ephremides

Jenis yang ke 10 yaitu ephremides dengan ciri khas lubang daunnya lebih lebar dari ukuran umum monstera kebanyakan. Semakin tua lubang di permukaan daun tersebut akan mengalami penyusutan, bahkan menghilang.

Monstera Punctulata

Tanaman ini lebih mudah ditemukan di kawasan selatan Meksiko dan Amerika tengah. Bentuk daunnya sangat lebar didukung batang tanaman pipih dan cukup panjang. Ukuran maksimal dari jnis ini adalah 15 meter.

Monstera Siltepecana

Siltepecana juga memiliki keunikan tersendiri, yaitu tidak memiliki lubang di permukaan daunnya. Sebagai gantinya, varietas ini memiliki aksen perak di bagian daunnya sehingga terlihat nampak mewah dan berkelas.

Monstera Thai Constellation

Jenis monstera yang terakhir dan layak untuk Anda koleksi yaitu Monstera Thai Constellation. Sesuai dengan namanya, tanaman ini berasal dari Thailand. Varietas ini menjadi target buruan para kolektor konglomerat. Harga untuk setiap pohon monster Thai Constellation antar $150-$750. 

Monstera Thai Constellation memiliki bentuk daun cenderung mengarah ke monster jenis klasik. Warna daunnya didominasi warna hijau dan krem dengan pola marmer. Warna tersebut muncul akibat kekurangan zat hijau daun (klorofil).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *