Manfaat Lidah Mertua, Bisa Bersihkan Udara hingga jadi Antiseptik

manfaat lidah mertua

Tanaman lidah mertua merupakan istilah lain dari tumbuhan pedang-pedangan yang sering digunakan oleh anak kecil sebagai media bermain. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat lidah mertua untuk lingkungan dan kesehatan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pembersih Udara Alami Terbaik

Tidak hanya indah dipandang mata, ternyata lidah mertua ini juga menyandang gelar sebagai tanaman pembersih udara alami yang terbaik. Inilah yang menjadikan satu alasan tersendiri para pakar kesehatan menyarankan untuk menanam lidah mertua di sekitar rumah.

Kemampuan penyerapan racun oleh lidah mertua juga tergolong sangat kompleks. Tanaman ini mampu menyerap karbon monoksida, benzena, trikloroetilen, xilena, dan formaldehida yang berlebihan. Zat beracun tersebut akan diolah oleh lidah mertua menjadi oksigen yang lebih bersih.

Pemasok Oksigen Melimpah

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, lidah mertua mampu memberikan suplai oksigen melimpah hasil pengolahannya terhadap zat beracun di lingkungan sekitarnya. Bahkan, penelitian ini dilakukan langsung oleh kampus terkemuka, yaitu Universitas Harvard.

Penghilang Polusi Udara Dalam Maupun Luar Ruangan

Sebagai penyerap zat beracun, tanaman lidah mertua akhirnya memberikan dampak positif sebagai penghilang polusi udara di sekitarnya. Kelebihannya dalam beradaptasi di segala kondisi membuat tanaman ini dapat diletakkan di dalam maupun luar ruangan.

Tanaman Anti Kanker

Apakah Anda mengetahui bahwasannya benzena, formaldehida, xilen, dan toluena merupakan zat-zat yang dapat memicu penyakit kanker? Dengan menanam tanaman lidah mertua, Anda dapat menangkal penyebab kanker tersebut dengan mudah dan murah.

Menyerap Radiasi

Tanaman lidah mertua sering didapati terpajang di ruang tamu, ruang keluarga, atau di dekat kulkas pada sebagian rumah masyarakat. Hal tersebut sebenarnya dilakukan bukan tanpa tujuan, akan tetapi untuk menyerap radiasi dari berbagai perangkat elektronik di sekitarnya.

Penyerap Karbon Dioksida Malam Hari

Apabila mayoritas tanaman mengeluarkan karbon monoksida yang berbahaya untuk manusia, lain halnya dengan lidah mertua. Tanaman ini justru mampu menyerap karbon dioksida berlebih saat malam hari. Hal tersebut dilakukan dengan kemampuan Crassulacean Acid Metabolism (CAM).

Menyerap Bau

Manfaat lidah mertua nomor 7 adalah mampu menyerap berbagai bau menyengat di sekitarnya. Sebagian negara maju seperti Prancis dan China justru memanfaatkan bunga lidah mertua sebagai parfum dan aroma terapi.

Sebagai Bahan Tonik Rambut Alami

Apabila Anda menginginkan rambut dengan tekstur lembut dan indah tanpa bahan kimia, maka bisa menggunakan lidah mertua sebagai tonik. Kandungan yang terdapat didalamnya hampir sama dengan tanaman lidah buaya. Cara pemakaiannya cukup mudah, yaitu dengan mengolesnya saja.

Sebagai Antiseptik

Lidah mertua juga diberikan kelebihan lainnya berupa kandungan antiseptik dengan sifat anti racun yang baik. Anda dapat mengaplikasikannya untuk menghindarkan diri dari berbagai kuman dan bakteri berbahaya.

Membantu Mengobati Wasir

Bagi para penderita wasir patut mencoba tanaman lidah mertua sebagai obat alternatif. Kandungan yang ada di dalam tanaman ini diklaim dapat memperlancar proses pembuangan kotoran. Dengan menggunakan lidah mertua, Anda dapat menghemat biaya pengobatan.

Membantu Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat lidah mertua berikutnya yaitu membantu menurunkan resiko penyakit diabetes. Cara ini dianggap ampuh oleh para penderitanya. Cara penggunaannya adalah dengan merebus daun lidah mertua, kemudian diminum sebagai penetralisir kadar gula.

Membantu Menyembuhkan Sakit Kepala

Apakah Anda sering mengalami sakit kepala? Hal ini tentunya akan sangat mengganggu pekerjaan dan aktivitas. Dengan mengkonsumsi tanaman lidah mertua secara rutin, rasa sakit di kepala Anda dapat disembuhkan. Caranya adalah dengan membakar tumbuhan pedang-pedangan tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *