9 Jenis Calathea Termahal, Banyak yang 2 Jutaan

jenis calathea termahal

Calathea merupakan tanaman hias yang unik dan langka. Hal tersebut berkat corak dan warnanya yang bagus. Tanaman ini memiliki setidaknya 100 jenis di dunia. Adapun beberapa jenis calathea termahal yang bisa menjadi koleksi para pecinta tanaman hias adalah sebagai berikut. 

Calathea Silver

Yang pertama ada calathea silver yang daunnya keperakan. Pada tepi daunnya memiliki rona gelap, dan terkadang ada yang hijau tua atau merah tua. Corak tepi daun tersebut membingkai hingga ke bagian belakang daun. Harga jenis calathea ini sekitar 200 ribu per pot. 

Calathea Merak

Jenis calathea selanjutnya juga dibandrol sekitar 200 ribuan, yaitu calathea merak. Disebut calathea merak karena corak daunnya seperti ekor burung merak. Pada bagian bawah daun dan batangnya, berwarna ungu pekat. 

Calathea Orbifolia

Calathea orbifolia memiliki daun yang lebar, tidak seperti jenis calathea lain yang daunnya relatif berukuran kecil. Warna daun jenis ini adalah hijau tua ditambah corak hijau muda kesilveran sehingga memberikan kesan lembut. 

Jenis calathea satu ini termasuk bunga aglonema yang dihargai mahal. Di pasaran, harga jualnya mulai dari 400 sampai 500 ribu rupiah per potnya. Jenis calathea ini sangat recommended untuk ruangan yang cukup luas karena ukuran daunnya yang lebar. 

Calathea Cynthia

Jenis berikutnya adalah calathea cynthia. Tanaman ini daunnya cenderunh kecil dan berwarna putih. Tulang daunnya terlihat tegas pada bagian tepi. Corak putih pada daun sangat dominan, ditambah corak kehijauan pada tengah daun dan warna putih pada tulang daun. Jenis calathea ini juga banyak diminati. 

Perawatannya juga tidak rumit karena calathea hanya tanaman hias yang tak berbunga alias mengandalkan keindahan daun. Harga jual jenis ini di pasaran berada di kisaran 700 ribu untuk satu pot tanaman. Harga tersebut sesuai dengan corak tanaman yang langka. 

Calathea Crimson

Calathea crimson termasuk dalam jenis calathea termahal, yakni dengan harga antara 700 ribu hingga 1,2 juta. Daun tanaman ini berwarna pink keunguan dengan bagian tepi membingkai daun berwarna ungu tua. Tekstur daun calathea crimson bergelombang kecil. 

Calathea Contravenesta

Satu lagi adalah calathea contravenesta dengan harga 2 jutaan. Daun tanaman ini memiliki gradasi warna yang sangat cantik. Gradasi warna meliputi hijau muda di pinggiran daun, disusul hijau pucat atau hijau tua pada bagian tengah. 

Calathea Medallion

Calathea medallion juga termasuk dalam tanaman hias yang mahal. Harganya sekitar 2 jutaan per pot tanaman. Daun tanaman ini cenderung berwarna gelap dengan gradasi warna yang memukau karena berselang-seling. 

Permukaan daun mempunyai kombinasi warna hijau. Pada bagian bawahnya berwarna ungu dan putih membentuk corak yang indah. Tak heran bila calathea medallion ini sangat populer dan estetik. 

Calathea Roseopicta

Calathea roseopicta berasal dari Thailand. Warna daunnya ungu tua dan bercorak merah muda dengan sentuhan keunguan, sehingga tampak sejuk dipandang. Harga jual jenis calathea satu ini yaitu sekitar 200 ribu sampai 500 ribu per potnya. 

Calathea Flamestar

Jenis terakhir tanaman calathea adalah flamestar. Corak daunnya seperti goresan kuas abstrak. Pada bagian tepi daun bergelombang berwarna hijau tua membingkai seluruh daun. Untuk mendapatkan calathea paling indah ini, Anda perlu merogoh kocek mulai 500 ribu hingga 3 juta. 

Beberapa jenis calathea termahal di atas memang sesuai dengan corak dan warna tanaman yang spesial. Calathea sangat cocok dijadikan dekorasi indoor untuk menambah nuansa indah dan kenyamanan ruangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *