Aneka Jenis Bunga Begonia yang Serba Unik, Ada Daunnya yang Seperti Sayap

aneka jenis bunga begonia

BungaTanaman hias indoor saat ini banyak digandrungi untuk menambah dekorasi dan kenyamanan ruangan. Salah satu jenis tanaman yang cukup populer saat ini adalah bunga begonia. Bagi Anda yang tertarik dengan tanaman ini, maka kenali dulu aneka jenis bunga begonia yang ada di pasaran. 

Begonia Rex

Begonia rex juga dikenal dengan nama painted leaf begonia. Karakteristiknya cukup unik, dimana variasi daunnya menawan seperti corak lukisan. Begonia yang pertama ini menjadi rekomendasi favorit banyak orang. 

Begonia Cane

Keunikan begonia cane terletak pada daunnya yang mirip dengan bentuk sayap. Oleh karena itu, jenis ini sering disebut juga dengan angle wing. Selain itu, batang tanaman menyerupai pohon bambu, hanya ukurannya lebih kecil. 

Perbedaan lain bunga ini dibandingkan jenis begonia lainnya adalah aroma yang dihasilkan. Begonia cane mengeluarkan aroma wangi pada bunganya saat mekar. Bentuk dan warna bunganya juga indah jika dipandang. 

Begonia Tuberous

Varietas begonia yang satu ini juga memiliki perbedaan yang mencolok. Salah satunya ialah bentuk bunga yang lonjong mirip kentang. Namun, visual bunganya sangat indah. Jenis begonia tuberous ini sangat cocok untuk menghiasi rumah. 

Begonia Cocktail

Begonia cocktail ini terlihat sangat berdaya tarik, apalagi ketika daun-daunnya bermekaran. Pilihan warna daun juga beragam. Begonia cocktail terkadang ada yang berwarna merah, putih, dan pink. 

Kelebihan begonia cocktail ini adalah kokoh. Tanaman ini juga tidak mudah layu. Syaratnya penanamannya harus berada di lokasi yang menyediakan cahaya matahari yang cukup. Ketika memandang begonia cocktail, rasanya sangat menyegarkan mata. 

Begonia Shrubs

Selanjutnya ada begonia shrubs yang corak dan ukurannya beragam. Daunnya mulai dari bentuk kecil-kecil hingga ukuran 4 meter. Tampilan daun yang panjang tersebut bisa mencapai 24 inci menyerupai kain beludru. 

Tekstur daun juga lembut. Ditambah lagi adanya bunga yang berwarna-warni, seperti warna pink, merah, dan putih yang semakin membuat indah tanaman ini. Jenis ini sangat pas dijadikan tanaman indoor. 

Begonia Rhizomatous

Aneka jenis bunga begonia lainnya adalah begonia rhizomatous yang banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias gantung. Ciri khasnya adalah daun melingkar dengan tekstur berbulu di permukaan. Warna daun juga bervariasi, mulai dari hijau hingga marun. 

Begonia Semperflorens

Semperflorens ini disebut juga dengan nama begonia lilin atau wax begonia. Hal ini tidak lain akibat bentuk daunnya seperti lilin karena tampak mengkilap. Bunga ini akan sangat cantik saat ditanam di pot dan dilihat pada malam hari karena bisa memantulkan cahaya. 

Begonia Richmond

Begonia richmond ini termasuk berdaun lebat dan warnanya bisa berubah-ubah sesuai mata yang melihat. Unik sekali bukan? Tanaman begonia jenis ini membutuhkan cahaya matahari yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik. 

Trailing / Scandent Begonia

Habitat trailing atau scandent begonia ini cukup berbeda, yakni tumbuh di ranting pohon, tembok atau batu dengan merambat atau menjuntai. Bunga dari scandent begonia ini sangat indah saat mekar dengan warna soft putih dan merah muda mengkilap. 

Thick Stemmed Begonia

Thick stemmed begonia memiliki batang tanaman yang tebal dan tidak bercabang, karena tunasnya keluar dari bawah tanah. Oleh karena itulah, jenis begonia ini sangat kokoh. Keunikan dari thick stemmed begonia adalah tidak banyak memiliki daun. 

Ulasan tentang aneka jenis bunga begonia di atas bisa dijadikan informasi bagi Anda yang ingin mengoleksinya. Bunga begonia memiliki nilai estetika yang tinggi dan cocok digunakan sebagai tanaman indoor maupun outdoor. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *