Jenis Kaktus Termahal, Harganya Sampai Puluhan Juta

jenis kaktus termahal

Hobi merawat tanaman memang mendatangkan kebahagiaan tersendiri. Salah satu tanaman yang banyak dipelihara saat ini adalah kaktus. Meskipun memiliki banyak duri, pada kenyataannya tanaman ini diburu oleh penggemarnya. Berikut ini beberapa jenis kaktus termahal yang perlu Anda ketahui.

Echinocereus Rigidissimus

Kaktus jenis ini juga sering disebut dengan kaktus pelangi atau Arizona Rainbow. Umumnya, mereka adalah tanaman yang hidup secara soliter dan jarang ditemukan memiliki cabang meskipun umurnya sudah bertambah. Ciri khas Echinocereus Rigidissimus yaitu bunga cantik yang berwarna ungu.

Apabila Anda ingin mengoleksi jenis Echinocereus Rigidissimus, maka modal minimal yang harus disiapkan adalah Rp 2 juta. Harga tersebut akan naik seiring dengan usia atau ukuran tanaman itu sendiri. Harga yang sepadan dengan kecantikan dan pesonanya yang sangat memukau.

Astrophytum Asterias

Jenis kaktus yang memiliki harga mahal berikutnya adalah Astrophytum Asterias. Banyak kolektor yang menyebut kaktus ini dengan nama kaktus landak laut, kaktus peyote bintang, dan kaktus dolar pasir.

Astrophytum Asterias berasal dari kawasan Texas Amerika Serikat dan Meksiko. Jenis kaktus ini pun memiliki keunikan lain berupa durinya yang jarang dan tidak terlalu tajam seperti pada kaktus pada umumnya. Perawatan kaktus ini juga mudah dan cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Harga yang ditawarkan oleh penjual umumnya berkisar antara Rp 3-4 juta. Nominal tersebut akan bertambah menyesuaikan pada ukuran, munculnya indukan baru, dan bunganya sudah mekar. Jika Anda menginginkan mengoleksi anakannya saja, maka cukup menyiapkan budget kisaran Rp 1 juta.

Golden Barrel

Jenis kaktus termahal kali ini berasal dari satu kawasan dengan Astrophytum Asterias. Nama Golden Barrel diambil dari bentuk tubuh kaktus itu sendiri yang menyerupai gentong berwarna emas. Warna tersebut muncul dari duri-duri berwarna kuning di sekelilingnya.

Banyak kolektor yang memburu jenis Golden Barrel karena berbagai kelebihan dan pesonanya. Apabila Anda hendak mengoleksi kaktus Golden Barrel, maka siapkan dana setidaknya Rp 4 juta untuk mendapatkan kaktus berukuran paling kecil.

Miha Thailand

Miha Thailand juga masuk dalam daftar kaktus termahal. Sesuai dengan namanya, kaktus mungil ini berasal dari negeri gajah putih Thailand. Uniknya, Miha Thailand memiliki duri di pangkal ujung setiap garis kaktusnya saja.

Ciri khas lainnya adalah bentuk fisiknya yang imut dengan kombinasi warna menawan. Umumnya, Miha Thailand memiliki perpaduan warna hijau, hitam, merah muda, dan kuning. Harga yang dibandrol untuk setiap tanaman ini adalah mulai dari Rp 5 juta. 

Gymnocalycium

Bentuk khas jenis kaktus ini adalah seperti buah labu berwarna merah muda. Selain warnanya yang cerah, kuncup bunga Gymnocalycium tidak dipenuhi dengan duri, sehingga menambah pesona.  Jika ingin memilikinya, maka Anda harus menyiapkan dana minimal Rp 2 juta untuk mendapatkan tanaman tersebut.

Euphorbia Abdelkuri

Jenis kaktus yang termahal yang cocok dijadikan tanaman hias indoor berikutnya yaitu Euphorbia Abdelkuri. Mahalnya janis kaktus ini disebabkan oleh jumlahnya yang terus menurun dan masuk dalam kategori langka. Hal tersebut yang membuat para kolektor berlomba-lomba mengoleksi Euphorbia Abdelkuri untuk dikembangkan.

Kaktus ini berasal dari tanah Yaman dengan kawasan berbatu dan gersang di habitat aslinya, sehingga perawatan Euphorbia Abdelkuri tergolong mudah dan murah. Untuk bisa mendapatkannya, Anda harus merogoh kocek Rp 10-20 juta menyesuaikan ukuran dan usia tanaman tersebut.

Semua jenis kaktus termahal diatas merupakan beberapa tanaman kecil dengan nilai yang besar. Anda dapat membeli kaktus tersebut sebagai investasi untuk dijual di kemudian hari. Ini akan menjadi aset yang mahal selain tanaman bonsai.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *