Jenis Kaktus Mini, Cocok untuk Interior Rumah

jenis kaktus mini

Tanaman kaktus merupakan primadona sekaligus rekomendasi untuk kebutuhan mempercantik ruangan. Warnanya yang bermacam-macam dan ukurannya yang mungil membuat tanaman ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Berikut beberapa jenis kaktus mini yang layak untuk dikoleksi.

Astrophytum

Astrophytum merupakan kaktus mini dengan bentuk fisik menyerupai buah belimbing. Pada umumnya, kaktus ini memiliki batang berwarna hijau tua dengan kombinasi titik-titik putih di sekelilingnya. Jadi, Astrophytum sangat aman untuk jangkauan anak-anak.

Jenis kaktus ini pun tergolong mudah berbunga. Warna bunga kaktus Astrophytum cukup bervariasi seperti merah, kuning, dan pink. Banyak kolektor menyarankan untuk meletakkan kaktus ini di tempat yang tidak terlalu terkena sinar matahari secara langsung agar cepat berbunga.

Ferocactus 

Berbeda dengan ukuran kaktus mini pada umumnya, Ferocactus mempunyai dimensi lebih besar dan lebar. Duri-duri yang terdapat di sekelilingnya pun lebih besar dan cukup tajam. Hal itulah yang membuat jenis ini harus dihindarkan dari jangkauan anak-anak agar lebih aman.

Bentuk kaktus Ferocactus menyerupai bola dengan ukuran lebih besar dari bola tenis. Warna batang adalah hijau tua dengan kombinasi coklat di bagian lipatannya. Selain ditumbuhi duri berwarna merah muda, Ferocactus juga mempunyai rambut halus berwarna putih.

Ariocarpus

Apakah Anda sering menemui kaktus mini dengan daun berbentuk prisma? Itulah jenis kaktus mini bernama Ariocarpus. Ciri khas lain dari tanaman ini adalah dimensinya yang menyerupai tanaman cebol dengan pangkal yang lebih lebar.

Keunikan lain dari Ariocarpus yaitu bunganya akan mekar tepat di tengah tanaman. Apabila dilihat sekilas, tanaman tersebut akan menampakkan kecantikannya melalui puncak yang diisi oleh bunga berwarna-warni. Warna bunga kaktus ini diantaranya adalah ungu, pink, kuning, merah, dan putih. 

Cephalocereus Senilis

Cephalocereus Senilis mempunyai ciri khas fisik yang cukup menonjol, dimana sekeliling tanaman tersebut ditumbuhi rambut-rambut panjang dan halus berwarna putih. Keunikan tersebut menjadikan kaktus mini ini sering disebut sebagai kaktus orang tua.

Cereus Tetragonus

Tanaman yang berasal dari Amerika ini sudah sering dijumpai di Indonesia, khususnya di jendela atau pekarangan rumah. Banyak yang menanam Cereus Tetragonus sebagai hiasan interior maupun pengisi taman karena keindahan serta bentuknya yang unik.

Cereus Tetragonus mempunyai fisik seperti kasti dengan duri lembut di sekeliling tubuhnya. Tanaman ini juga cenderung majemuk dan bergerombol, sehingga memiliki kesan galak dan tegas. Anda dapat menemukan kaktus jenis ini dengan mudah di toko tanaman.

Echinocactus Grusonii

Echinocactus Grusonii menjadi daftar terakhir kaktus mini yang layak Anda koleksi di rumah. Bentuk fisiknya sangat menawan dan imut. Selain itu, balutan duri emas di sekeliling tubuhnya membuat kaktus ini semakin terlihat cantik dan menggemaskan.

Dikarenakan bentuknya yang menyerupai gentong dan durinya berwarna kuning keemasan, banyak orang menyebutnya kaktus gentong emas atau Golden Barrel. Bagi para kolektor, kaktus jenis ini merupakan idaman yang cukup sulit untuk didapatkan.

Apabila ingin mengoleksi Echinocactus Grusonii, Anda harus menyiapkan dana yang cukup banyak. Hal tersebut dikarenakan kaktus ini dijual dengan harga jutaan rupiah, itu pun dengan ukuran masih kecil dan usia muda. Harga tersebut akan semakin mahal seiring bertambahnya dimensi dan usia. 

Berbagai macam jenis kaktus mini diatas dapat Anda pilih sesuai dengan selera dan dimensi ruangan tentunya. Meskipun dimanfaatkan sebagai hiasan interior, ukuran dan pemilihan jenis kaktus merupakan hal yang wajib yang harus Anda perhatikan agar nilai estetikanya semakin terasa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *