13 Jenis Anggrek Dendrobium, Bunganya Bisa Sampai Puluhan

jenis anggrek dendrobium

Jenis anggrek Dendrobium banyak diburu oleh para pecinta tanaman untuk dijadikan penghias rumah atau taman. Kelebihan anggrek jenis ini adalah mudah tumbuh dan beradaptasi. 

Selain itu, bunga Anggrek Dendrobium dapat mencapai 50 per pohonnya. Berikut adalah macam-macam Anggrek Dendrobium.

Dendrobium Nobile

Jenis pertama adalah anggrek Dendrobium Nobile atau disebut juga dengan Den-Nobile, dan Noble Dendrobium. Sebagian kolektor juga menyebut anggrek ini dengan nama anggrek peluruh. Uniknya, Dendrobium Nobile akan menggugurkan bunganya saat akhir tahun tiba.

Dendrobium Crumenatum

Ciri khas dari Dendrobium Crumenatum yaitu pada bentuknya yang menyerupai burung merpati dengan warna putih. Tangkai bunga tersebut menjulur seperti sayap menjuntai ke bawah. Pada bagian tengah bunganya memiliki aksen kuning.

Dendrobium Phalaenopsis

Jenis selanjutnya yaitu Dendrobium Phalaenopsis yang memiliki bentuk seperti kumbang. Jenis anggrek ini memiliki tingkat popularitas serupa dengan jenis Nobile. Perbedaannya, hanya pada daunnya yang berwarna cenderung lebih gelap.

Dendrobium Taurinum

Spesies berikutnya yaitu anggrek dengan nama latin Dendrobium Taurinum. Nama di pasaran untuk jenis ini adalah anggrek banteng atau bull Orchid. Nama tersebut diberikan karena bentuk dari kelopak anggrek ini melingkar dan menyerupai tanduk banteng. 

Dendrobium Anosmum

Sama dengan jenis sebelumnya, Dendrobium Anosmum merupakan nama latin. Nama dagang di pasaran dari spesies ini adalah anggrek tidak berbau atau Honohono Orchid. Tanaman ini dapat tumbuh maksimal hingga 3 meter.

Dendrobium Cucumerinum

Dendrobium Cucumerinum atau anggrek ketimun merupakan spesies dendrobium yang berasal dari Australia Timur. Pemberian nama anggrek ketimun didasarkan pada bentuk daun yang bulat lonjong dengan ujung lancip dan bergerigi menyerupai buah ketimun.

Dendrobium Aphyllum

Jenis selanjutnya yaitu Dendrobium Aphyllum atau dikenal juga dengan nama anggrek berkerudung. Nama ini diberikan karena kelopaknya yang menyerupai kerucut, sehingga menutupi putik layaknya sebuah kerudung. 

Dendrobium Nindii

Dendrobium Nindii merupakan nama lain dari anggrek keriting. Beberapa nama lain dari bunga ini adalah Nind’s Dendrobium, Dendrobium ionoglossum, The Blue Antler Orchid, dan Dendrobium ionoglossum var. Pomatophilum.

Dendrobium Spectabile-Alba

Musim mekarnya dari Dendrobium Spectabile-Alba ini adalah pada bulan April-Agustus. Ciri khas jenis ini adalah pada daunnya yang hijau dan indah. Selain itu, Dendrobium Spectabile-Alba cukup mudah dikembangbiakkan di dalam rumah.

Dendrobium Fimbriatum

Jenis ini memiliki peta persebaran yang cukup luas di kawasan Asia Tenggara. Beberapa wilayah yang menjadi habitat Dendrobium Fimbriatum seperti Himalaya barat, Himalaya timur, Bangladesh, Myanmar, Thailand, Malaysia, Laos dan Vietnam.

Dendrobium Aggregatum

Beberapa nama lain dari Dendrobium Aggregatum adalah Dendrobium lindleyi, Dendrobium aggregatum, Callista aggregata, dan Dendrobium alboviridis var. Majus. Negara asli dari spesies ini yaitu Thailand, namun persebarannya sudah mencapai penjuru dunia.

Dendrobium Stratiotes

Dendrobium Stratiotes merupakan spesies anggrek asli Indonesia yang menempati berbagai wilayah. Beberapa kawasan yang menjadi habitat anggrek ini adalah Kepulauan Sunda, bagian barat Papua New Guinea, Maluku, dan Sulawesi.

Dendrobium Enobi

Jenis anggrek Dendrobium yang terakhir yaitu Dendrobium Enobi. Banyak sumber mengatakan bahwa jenis ini merupakan tanaman asli Asia Tenggara dan Australia Selatan. Harga yang dibandrol untuk Dendrobium Enobi cukup mahal karena perawatannya yang cukup rumit dan khusus.

Selain daftar di atas, masih banyak jenis anggrek lainnya yang tak kalah cantik dengan dendrobium. Anda dapat menyesuaikan pilihan dengan iklim di sekitar rumah dan kondisi finansial tentunya. Beberapa jenis anggrek ini juga bisa dijual bagi Anda yang sedang mengembangkan bisnis tanaman hias.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *