10 Jenis Anggrek Termahal, Ada yang Miliaran

jenis anggrek termahal

Anggrek merupakan tanaman hias yang kerap menjadi incaran para emak-emak untuk dikoleksi. Penampilan bunga yang cantik dan awet membuatnya semakin diburu. Bagi Anda penyuka bunga anggrek, berikut adalah beberapa jenis anggrek termahal yang bisa Anda jadikan referensi.

Anggrek Sendok (Rp150 Ribu)

Apabila Anda pernah menemui tanaman anggrek dengan bunga berwarna kuning bersih, maka bisa jadi anggrek tersebut adalah jenis Anggrek Sendok. Ciri khas lainnya dari jenis ini yaitu bagian tengah bunga berwarna merah tua yang terlihat kontras dan sangat menawan untuk dilihat.

Tumbuhan asli Indonesia ini juga sering dinamai dengan Anggrek Vanda. Apabila Anda menemui tanaman tersebut di alam liar, maka segera ambil secukupnya. Harga yang dibandrol di pasaran untuk anggrek jenis ini adalah Rp 150 ribu per pohonnya.

Anggrek Paphiopedilum Purpuratum (Rp155 Ribu)

Jenis anggrek termahal berikutnya yaitu Paphiopedilum Purpuratum. Tanaman ini merupakan tanaman endemik asli dari Hong Kong. Paphiopedilum Purpuratum ditemukan pada tahun 1850 silam.

Sangat disayangkan populasi global dari Paphiopedilum Purpuratum semakin berkurang dari tahun ke tahun. Data terakhir menyebutkan, spesies ini tersisa kurang dari 250 pohon. Dikarenakan  jumlahnya yang terus menurun, Paphiopedilum Purpuratum dinyatakan terancam punah.

Anggrek Ekor Tupai (Rp250 Ribu)

Sesuai dengan namanya, bentuk anggrek yang cocok dijadikan tanaman hias outdoor ini menyerupai ekor tupai atau bajing. Tangkai utama biasanya akan menjulur ke bawah, kemudian anak tangkai akan membawa bunga yang tertata sejajar dan rapi. 

Warna bunga anggrek ekor tupai ini sangat menarik dan indah dipandang mata. Kelopak bunganya memiliki kombinasi warna ungu di bagian tepi dan aksen putih pada bagian tengahnya. Harga di pasaran untuk setiap pohon anggrek ekor tupai berkisar Rp 250 ribu.

Anggrek Bulan (Rp445 Ribu)

Jenis anggrek termahal selanjutnya adalah anggrek bulan. Setiap pohonnya dihargai mulai dari Rp 400 ribu dan bisa naik menyesuaikan pada usia dan ukurannya. Jenis inilah yang paling banyak dikoleksi oleh masyarakat Indonesia sebagai penghias pekarangan rumah.

Anggrek Grammatophyllum Scriptum (Rp500 Ribu)

Anggrek Grammatophyllum Scriptum memiliki harga yang cukup mahal, yaitu di kisaran harga Rp 500 ribu. Hal itu dikarenakan habitatnya yang bisa dijumpai di alam liar saja. Ciri khas anggrek ini adalah pada bunganya yang berwarna hijau kombinasi coklat.

Anggrek Tebu (Rp5 Juta)

Spesies anggrek yang tergolong mahal berikutnya yaitu anggrek tebu, dengan harga di angka Rp 5 juta. Jenis ini juga menjadi salah satu anggrek terberat dan terbesar di dunia. Berat anggrek tebu mampu mencapai 1 ton dengan rangkaian bunga sepanjang 3 meter. 

Anggrek Hitam Kalimantan (Rp20 Juta)

Anggrek hitam Kalimantan masuk dalam daftar anggrek termahal karena tingkat kesulitannya untuk dibudidayakan. Bahkan, tanaman dengan bunga mirip dengan bunga kenanga ini dibandrol hingga Rp 20 juta untuk setiap pohonnya.

Anggrek Emas Kinabalu (Rp87 Juta)

Jenis anggrek yang termahal berikutnya adalah Anggrek emas Kinabalu (Rothschild’s Orchid). Tak main-main, harga setiap pohonnya mencapai Rp  87 juta rupiah. Mahalnya harga tersebut karena waktu budidayanya yang membutuhkan 8-10 tahun.

Anggrek Hitam Papua (Rp100 Juta)

Tak kalah menarik dengan Anggrek emas Kinabalu, anggrek hitam Papua turut menjadi bunga anggrek dengan harga termahal. Setiap pohonnya dihargai Rp 100 juta karena tanaman ini hanya tumbuh di pedalaman hutan Papua.

Anggrek Shenzhen Nongke (Rp3,6 Miliar)

Jenis anggrek termahal yang terakhir adalah Anggrek Shenzhen Nongke. Setiap pohonnya dibandrol dengan harga Rp 3,6 miliar. Harga tersebut sepadan dengan keistimewaan anggrek Anggrek Shenzhen Nongke yang berbunga 5 tahun sekali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *