5 Desain Taman Anggrek di Rumah

Sekarang ini trend desain rumah dengan tema alam kembali merajalela, karena semakin banyak orang yang kembali tergila untuk menghidupkan suasana alam di rumahnya. Ada berbagai macam desain dengan tema alam, tergantung dari si pemilik rumah ingin desain yang seperti apa.

5 Kreasi Desain Taman Anggrek di Rumah yang Paling Inovatif

Salah satu yang sedang hits saat ini adalah desain taman anggrek di rumah yang memberi efek keasrian. Jika menginginkannya, berikut ada beberapa referensi desain yang bisa dijadikan patokan:

1. Greenhouse

Jika mendengar kata greenhouse pasti siapapun akan mengacu pada rumah hijau. Rumah hijau sendiri berarti sebuah ruangan mirip rumah yang terdapat berbagai tanaman. Nah, greenhouse ini juga bisa dijadikan salah satu desain taman anggrek di rumah. Tempat tersebut bisa diletakkan di belakang atau depan rumah yang agak luas.

Pemilik bisa meletakan beberapa jenis bunga anggrek untuk dipajang di dalamnya. Untuk menambah kesan alam yang natural pemilik juga bisa meletakkan beberapa tanaman rambat di sekitar bungga anggrek tersebut. Tetapi, jika di dalam greenhouse, pemilik juga harus rutin untuk menengoknya untuk merawat, agar bunga anggrek tersebut tetap sehat.

2. Rak Bunga

Desain yang kedua bisa diletakkan di beberapa rak bunga yang estetik. Penataan ini bisa diletakkan di teras rumah jika tujuannya ingin memperindah rumah. Rak bunga tersebut bisa didapatkan di pasar terdekat atau bisa juga membelinya lewat toko online. Desain rak bunga pun ada banyak jenisnya, dari mulai yang rak tingkat satu hingga rak bunga dengan model yang langka.

Caranya, bunga anggrek bisa diletakkan di dalam pot, kemudian diletakan di atas rak bunga yang telah dibeli. Penataanya pun harus sesuai dengan rak bunganya. Jika menggunakan rak bunga yang mirip dengan rak sepatu, pemilik bia meletakkan pot dengan model serta ukuran yang sama di atasnya. Tetapi, jika menggunakan rak bunga dengan model tinggi ke atas, bisa dengan cara meletakan pot berukuran kecil di atas , lalu ukuran yang paling besar di bawahnya.

3. Tempel Dinding

Salah satu desain taman anggrek di rumah yang paling banyak digunakan adalah dengan cara menempelkannya di dinding. Cara ini dinilai paling mudah tetapi tidak meninggalkan kesan alam serta estetiknya. Biasanya ada beberapa toko bunga yang sudah menyiapkan bunga anggrek yang sudah siap ditempelkan ke dinding. Selain untuk memperindah rumah, anggrek tempel ini juga mudah dalam perawatannya.

Selain itu, anggrek tempel dinding ini juga mempunyai kelebihan yaitu akarnya tidak cepat membusuk. Kenapa seperti itu? Karena anggrek tempel biasanya media tanam yang digunakan adalah pakis. Pakis sendiri mempunyai sifat yang tidak mudah lapuk serta mudah menyerap air.

4. Pot Gantung

Anggrek yang diletakkan di pot gantung juga bisa menjadi salah satu desain taman anggrek yang memukau. Pemilik dapat menggantungkan pot di depan rumah atau bisa juga membuat sedikit ruangan kecil untuk dijadikan taman mini yang penuh dengan bunga anggrek. Pot yang digunakan bisa langsung dibeli di toko bunga terdekat atau bisa juga membelinya di marketplace.

Tetapi, jika menggunakan desain yang satu ini, perawatan yang dilakukan juga harus ekstra. Bunga anggrek yang digantung harus menghadap langsung dengan sinar matahari agar tidak cepat layu. Selain itu pemberian airnya pun tidak boleh terlalu banyak. Sebaiknya pula, anggrek diletakan pada pot-pot kecil agar akar yang tumbuh tidak terlalu banyak.

5. Rak Paralon

Jika ingin membuat sebuah taman anggrek yang minimalis serta tidak mengeluarkan biaya yang terlalu banyak, mungkin menggunakan media paralon adalah salah satu solusinya. Media paralon ini memang sering dijadikan media tanam bunga. Selain karena lebih efisien, tentunya juga tidak memakan banyak tempat. Untuk caranya sendiri, pemilik bisa melubangi beberapa bagian di paralon tersebut untuk ditanami bunga anggrek.

Kemudian, paralon juga bisa dihias dengan beberapa desain agar terlihat lebih menarik serta enak dipandang. Bila perlu, paralon juga bisa digunakan untuk menggantungkan pot jika ingin mengkombinasikan desain pot gantung dengan paralon. Pemilik bisa mendesain sesuai dengan seleranya dan yang pasti harus sesuai dengan lingkungan sekitarnya.

Jadi, itulah beberapa referensi desain taman anggrek di rumah yang bisa dijadikan patokan jika ingin membuat taman di rumah kesayangan. Pilihlah yang sesuai dengan suasana rumah serta luas dari pekarangan rumah tersebut agar estetikanya optimal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *