5 Cara Membuat Taman Vertikal Garden di Halaman yang Sempit

Memiliki taman di sekitar rumah mungkin adalah salah satu keinginan setiap pecinta tanaman. Namun terkadang terhalang oleh halaman yang sempit di rumahnya. Untuk mengatasinya, sekarang sudah ada cara lain untuk membuat taman meskipun halaman rumah sempit, yaitu dengan cara membuat taman vertikal garden. Taman tersebut adalah taman dengan penyusunan tanaman di bidang yang tegak lurus seperti tembok atau dinding rumah.

Cara Membuat Taman Vertikal Garden di Tempat yang Sempit

Taman vertikal garden ini tidak kalah cantik dengan taman lain pada umumnya. Bahkan mungkin lebih indah karena penyusunannya yang tidak selazimnya. Cara membuat taman vertikal garden ini juga cukup mudah, yaitu:

1. Tentukan Tema dan Konsep

Seperti taman-taman lain pada umumnya, taman vertikal sebelum dibuat harus ditentukan terlebih dahulu tema dan konsep yang bagus. Untuk tema dan konsepnya akan lebih baik jika disesuaikan dengan desain rumah pribadi. Sehingga akan terlihat cocok serta enak untuk dipandang oleh orang rumah maupun tetangga-teangga di sekitarnya.

Ada beberapa tema yang dapat dipilih antara lain yaitu klasik, modern, dan gaya tropis dengan kesegaran warna hijaunya. Dengan pemilihan tema-tema tersebut, maka dalam membuat taman vertikal ini akan berhasil, dan sesuai dengan harapan juga.

2. Pilih Lokasi Dinding atau Tembok yang Cocok

Pemilik rumah harus benar-benar matang dalam menentukan lokasi dinding atau tembok untuk pembuatan taman vertikal. Karena hal ini juga dapat menentukan keindahan dan perkembangan dari tanaman yang akan dijadikan sebagai objek dari taman vertikal garden. Jadi memang harus benar-benar melihat kondisi yang ada di sekitar taman terlebih dahulu.

Dalam menentukan dinding atau tembok juga harus memperhatikan kekuatannya. Apakah rentan dengan benturan saat dipaku atau tidak? Karena berikutnya dinding atau tembok tersebut akan dilubangi dan dijadikan frame untuk taman vertikal yang akan dibuat.

3. Kombinasikan Tanaman dan Bunga

Setelah menentukan tema dan lokasi, cara membuat taman vertikal garden adalah dengan menentukan tanaman dan bunga yang akan ditanam pada taman tersebut. Dalam menentukan tanaman harus benar-benar diperhatikan jenisnya, karena terdapat tanaman yang membutuhkan lingkungan kering juga lingkungan berair.

Untuk tanaman tersebut, akan lebih baik jika jenisnya bukan yang merambat atau menjalar, karena hal tersebut dapat menghalangi tanaman lain untuk berkembang. Lebih baik memilih jenis tanaman yang mudah dalam merawat seperti pakis, kesumba keeling, dan sejenisnya.

4. Buat Frame Penyangga

Dalam membuat dan menyusun frame penyangga harus dilakukan dengan hati-hati dan tetap memperhatikan ukuran yang sesuai. Frame di sini akan digunakan untuk menopang kain, plastik, dan juga tanamannya. Untuk itu, sebelum memasang semua perlengkapan dan tanamannya, akan lebih baik jika diukur dan dipastikan semua panjang, lebar, serta tingginya.

Untuk kerangka frame dengan mudah didapat dengan susunan kayu atau pipa yang cukup besarĀ  yang diikat dengan kawat tebal. Selanjutnya ditempelkan pada dinding atau tembok menggunakan paku yang kuat, agar dapat menahan kayu atau pipa tersebut secara optimal.

5. Siapkan Aliran Air dengan Sistem Drainase

Sebuah tanaman tentu membutuhkan air agar dapat terus berkembang dengan subur dan menyegarkan. Dengan system drainase maka air akan mengalir ke tanaman-tanaman secara keseluruhan sehingga tidak perlu menyiram satu persatu tanamannya. System drainase ini akan sangat membantu dalam proses perkembangan dari tanaman-tanaman tersebut.

Tidak hanya dijaga aliran air untuk tanaman tersebut, namun juga harus rajin untuk memberi pupuk pada tanaman. Sehingga tanaman yang ada pada taman vertikal garden tetap subur dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Itulah beberapa cara membuat taman vertikal garden yang dapat dilakukan, agar area rumah dapat terlihat dengan indah dan segar. Dengan adanya taman tersebut akan menambah keasrian dan rasa tenang di area rumah, khususnya bagi keluarga.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *