Perhatikan 6 Hal Ini! Relief Taman Air Terjun Dijamin Cantik

Seni relief taman air terjun merupakan lukisan atau gambar yang ditampilkan dengan bentuk tiga dimensi di atas bidang dua dimensi. Dengan perpaduan taman, relief dinding dan kolam akan menciptakan view landscape yang sangat cantik. Desain taman relief ini merupakan pilihan tepat agar rumah terlihat lebih asri dan alami.

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membangun Relief Taman Air Terjun

Dekorasi taman air terjun ini tidak harus dilakukan pada area yang luas. Bahkan untuk beberapa rumah dengan lahan sempit masih bisa membuat taman air terjun dengan relief minimalis dan cantik. Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat relief taman air terjun, antara lain:

1. Konsep Desain

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membuatnya adalah dengan menentukan konsep desain terlebih dahulu. Desain taman air terjun harus disesuaikan dengan karakteristik bangunan rumah, mulai dari tipe hingga luasnya.

Selain itu penentuan jenis relief taman juga sangat penting. Pemilik perlu memilih apakah akan dibuat vertikal, horizontal, campuran, atau stalaktit/ stalakmit? Selanjutnya, juga perlu memilih karakter apa yang diinginkan, misalnya formal, semi formal, lazim, khusus, minimalis dan lainnya. Namun, sebelum itu, pastikan untuk menyesuaikan dengan budget.

2.  Tema dan Lokasi Relief Taman Air Terjun

Ada berbagai macam tema relief yang dapat dipilih untuk mempercantik dinding air terjun. Carilah inspirasi melalui internet, orang yang ahli di bidang ini, atau melakukan inovasi sendiri. Penentuan tema untuk relief air terjun ini sebaiknya jangan sampai bertabrakan dengan konsep rumah.

Selain itu, tentukan juga lokasi yang tepat sehingga keasrian dari air terjun dapat dinikmati. Air terjun dapat dibuat di depan rumah ataupun di dalam rumah. Tentunya dengan memperhatikan beberapa faktor penting, seperti luas area, sumber listrik, sumber air hingga saluran pembuangan air.

3. Warna Tebing dan Efek Air

Warna tebing sangat mempengaruhi kesan taman air terjun. Untuk memberikan kesan natural maka gunakan warna yang menyerupai batu. Namun jika ingin menggunakan batu alam maka pilihlah batu alam dengan pori-pori padat dan dilapisi dengan coating. Sehingga dinding tidak mudah ditumbuhi lumut atau jamur.

Selain warna tebing, efek air juga harus direncanakan dengan baik. Ada beberapa efek air yang bisa dipilih untuk diaplikasikan pada air terjun buatan. Antara lain efek air terjun, efek air mengalir, dan efek air mancur.

4. Pencahayaan

Satu hal yang tidak kalah penting yaitu faktor pencahayaan. Untuk dapat memperindah tampilan taman air terjun dibutuhkan pencahayaan yang tepat. Dalam hal ini, keindahan kolam dapat ditonjolkan dengan lampu sorot, lampu LED, dan lain sebagainya. Karena lampu penerangan akan memberikan efek yang manis dan estetik, khususnya jika malam hari.

5. Pondasi dan Pompa Air

Dua hal yang sangat penting dalam membuat taman air terjun adalah pembuatan pondasi dan pemasangan pompa air. Ukuran yang baik untuk membuat pondasi air terjun adalah sekitar 40 cm dengan kedalaman yang sama yaitu 40 cm.

Selain pondasi, pemasangan pompa air juga sangat berpengaruh. Sebelum membuat taman air terjun maka harus memperhatikan dari mana asal air yang akan digunakan. Kemudian pemasangan pompa air juga pastikan tidak terlihat dengan jelas. Sehingga pemandangan kolam air terjun tidak terganggu.

6. Aksesoris Hardscape dan Softscape

reliefs surabaya

Agar lebih sempurna, tambahkan aksesoris berupa hardscape maupun softscape. Aksesoris hardscape yang dapat digunakan antara lain batu-batuan alami, patung, guci dan lainnya. Sedangkan aksesoris softscape adalah berbagai macam tanaman seperti melati air, rumput, sirih belanda, dan lainnya.

Gunakan aksesoris yang tepat sehingga kesan antara relief taman air terjun dengan pemandangan sekitar lebih harmonis. Jangan asal memilih aksesoris berdasarkan kesukaan saja. Namun juga perhatikan konsep yang diinginkan.

Pembuatan relief taman air terjun memang harus membutuhkan konsep yang matang. Agar hasil dari taman air terjun tidak menimbulkan kekecewaan di kemudian hari. Terlebih baiknya konsultasikan kepada tenaga yang ahli di bidang ini, karena dengan demikian taman air terjun dapat direalisasikan dengan baik.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *