5 Inspirasi Desain Taman Depan Rumah Modern

Penampilan depan rumah, baik itu taman kecil ataupun teras biasa mungkin bagi sebagian orang sangat berpengaruh terhadap estetika rumah secara keseluruhan. Sehingga melakukan permak halaman depan rumah agar menjadi lebih cantik dan enak dipandang, pastilah menjadi impian siapapun.

5 Inspirasi Desain Taman Depan Rumah Modern yang Bisa Anda Contoh

Namun jika masih bingung bagaimana menentukan desain taman depan rumah yang baik, beberapa rekomendasi di bawah ini bisa menjadi inspirasi, sebagai berikut: 

1. Zen Garden

Desain taman depan rumah yang satu ini menjadi salah satu inspirasi paling banyak diminati, khususnya yang tinggal di perkotaan. Mengusung konsep alam khas Jepang, Zen Garden bisa dijadikan sebagai alternatif desain taman yang menyejukkan. Yang menarik pada konsep taman tersebut adalah penyatuan antara unsur alam dan spiritual yang dapat membuat suasana menjadi lebih tenang.

Beruntungnya, Zen Garden bisa diaplikasikan pada taman yang memiliki berbagai ukuran tanpa kekurangan elemen apapun. Untuk bisa membangun Zen Garden di halaman rumah, setidaknya unsur utama yang harus ada yakni air, kolam, batu dan pasir, serta tanaman bonsai. Tempat duduk dan beberapa dekorasi yang terbuat dari kayu dan batu juga menambah kesan Zen yang kuat.

2. Taman Rustic

Tema Rustic biasa dijadikan dekorasi outdoor acara pernikahan. Tetapi gaya tersebut juga bisa diterapkan pada taman yang ada di rumah. Kesan hangat dan romantis yang disuguhkan dari tema tersebut membuatnya semakin populer di kalangan pecinta home décor. Dengan menambahkan bunga berwarna lembut, serta ayunan kayu, tema Rustic sederhana akan mudah didapatkan.

3. Taman Maskulin

Taman Maskulin merupakan desain taman di rumah yang elemen utamanya terdiri dari polesan semen. Kesan kokoh dan dingin tetapi tetap nyaman yang diadopsi pada taman tersebut membuatnya patut dimasukkan ke dalam wishlist. Dengan tambahan vas bunga minimalis, tumbuhan hijau, dan pencahayaan yang cukup menjadikan siapapun betah untuk berlama-lama di sana.

4. Mediterania Garden

Mediterania Garden biasa juga dikenal sebagai taman kering, di mana mayoritas tumbuhan yang menjadi penyusun taman itu tidak terlalu membutuhkan perawatan yang sering. Desain taman depan rumah tersebut sangat pas dan cocok bagi orang-orang yang memiliki kesibukan tetapi tetap ingin memiliki taman yang indah. Taman Mediterania juga cocok bagi pemilik rumah yang memiliki lahan terbatas.

Unsur utama penyusun taman Mediterania selain tumbuhan minim air, terdapat elemen keras seperti batu dan pasir. Tak jarang penggunaan kerikil kerap dilakukan untuk menutupi seluruh permukaan tanah taman. Biasanya elemen-elemen tersebut disusun sedemikian rupa untuk menampilkan kesan artistik, walaupun tumbuhan yang tersedia tidak begitu banyak. Memberikan dekorasi seperti kursi teras untuk bersantai di sana juga bisa dilakukan.

5. Tropical Garden

Indonesia sebagai negara tropis sangat cocok mengadopsi desain taman depan rumah bertema tropical. Ciri khas taman tersebut adalah penuh dengan beragam tumbuh-tumbuhan hijau maupun bunga warna-warni, yang disenangi para pecinta tumbuhan. Susunan taman tropical yang minim rekayasa menjadikan suasana taman tersebut mirip seperti hutan-hutan tropical, namun masih tetap terawat.

Meskipun mayoritas taman tersebut terdiri dari beragam tumbuhan hijau lebat dan bunga yang berwarna-warni, menambahkan elemen batu sebagai hiasan taman juga bisa dicoba. Akan tetapi dalam hal perawatan, taman tropical memang lebih rumit dari jenis taman lainnya. Karena beragam jenis tumbuhan yang memiliki karakteristik lebat membutuhkan penanganan khusus.

Susunan taman depan rumah bisa disesuaikan dengan selera pemiliknya. Ada banyak jenis taman yang bisa dipilih tergantung seberapa sanggup pemilik melakukan perawatan. Karena sejatinya taman yang indah pasti memerlukan penanganan khusus untuk mempertahankannya. Akhirnya, beberapa pilihan desain taman depan rumah di atas mungkin bisa dijadikan sebagai inspirasi membangun taman impian untuk sanak family tercinta!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *