Estimasi Biaya Pembuatan Taman Kolam dengan Desain Minimalis

Perhitungan estimasi biaya pembuatan taman kolam dengan desain minimalis cukup terjangkau, tergantung dengan komponen yang akan digunakan. Biaya yang dibutuhkan untuk membuat taman kolam tentu lebih kecil dari biaya pembangunan rumah.

Biaya Pembuatan Taman Kolam

Adapun beberapa estimasi biaya yang akan dikeluarkan untuk pembuatan taman kolam beserta perniknya adalah sebagai berikut.

tebing taman

1. Pembelian Rumput

Rumput merupakan komponen utama dalam pembuatan taman. Area taman akan dipenuhi dengan rumput sekitar 70%. Untuk itu, diperlukan pembelian rumput dalam jumlah banyak untuk menghiasi taman kolam. Rumput dapat dibeli permeter persegi dengan harga yang bervariasi. Adapun biaya yang dibutuhkan untuk pembelian rumput yaitu sekitar Rp. 25.000 per meter perseginya. Jadi, biaya yang akan dikeluarkan tinggal dikalikan saja harga permeter dengan luas area yang akan ditanami rumput.

2. Pembelian Tanaman

Tanaman menjadi komponen yang tidak kalah penting. Taman akan menjadi lebih indah bila dihiasi dnegan berbagai tanaman hidup. Ada 3 jenis tanaman yang dapat digunakan untuk menghias taman kolam, yaitu tanaman kecil, sedang dan besar. Tanaman yang akan digunakan dapat dipilih sesuai kebutuhan dan keinginan pemilik tamannya.

Tanaman kecil yang digunakan untuk pembuatan taman kolam biasanya seperti, bromelia, kucai dan lainnya. Ukuran dari tanaman kecil ini berkisar 5 – 50 cm. Untuk tanaman sedang memiliki ukuran berkisar antara 1 – 2 meter. Tanaman sedang yang digunakan biasanya seperti kuncup merah, lohangsung dan lain-lain. Sedangkan, untuk tanaman besar yang digunakan adalah pule dengan ukuran lebih dari 3 meter.

Tanaman besar akan menjadi pusat utama dalam taman. Estimasi biaya pembuatan taman kolam yang dikeluarkan untuk pembelian tanaman ini beraneka ragam. Adapun perkiraan harga dari tanaman-tanaman tersebut mulai dari Rp. 10.000 hingga jutaan tergantung jenis tanamannya.

3. Pembelian Ikan Hias

Ikan hias dapat digunakan untuk mengisi kolam agar menjadi lebih cantik. Terlebih ikan-ikan dengan warna yang indah. Taman kolam akan menjadi lebih berwarna dengan adanya ikan di dalamnya. Ikan yang digunakan untuk menghiasi kolam adalah ikan koi karena memiliki warna yang indah sehingga menyegarkan ketika dipandang.

Kolam dapat diisi dengan berbagai macam ikan koi. Biaya yang dibutuhkan untuk pembelian ikan hias ini berkisar puluhan ribu per ekornya. Harga ikan koi tentu beragam sesuai dengan jenis ikan koinya. Untuk ikan koi jenis hi utsuri memiliki harga sekitar Rp. 25.000, kemudian ikan koi shiro utsuri berharga Rp. 30.000 dan ikan koi shusui Rp. 40.000.

4. Pembelian Material

Material sebagai elemen pendukung dalam pembuatan taman agar menjadi lebih indah lagi. Adapun material yang dibutuhkan adalah seperti pasir, batu alam, ornament relief dan sebagainya. Material-material ini dapat dibeli dengan harga yang terjangkau.

Harga dari setiap material tentu berbeda-beda. Untuk membeli material semen, membutuhkan dana sebesar Rp. 5.000 perkilonya. Jadi, banyaknya biaya yang dikeluarkan tergantung berapa kilo semen yang akan digunakan. Begitu juga dengan material ornament relief dan batu alam.

5. Upah Pekerja Pembuatan Taman Kolam

Estimasi biaya pembuatan taman kolam untuk upah pekerja di setiap daerah tentu berbeda-beda. Namun, harga rata-rata yang dikeluarkan untuk para pekerja biasanya berkisar Rp. 100.000 per hari. Jika pemiliki rumah tidak mau mengeluarkan biaya harian, upah pembuatan taman kolam juga dapat dibayar dengan sistem borongan. Untuk sistem borongan, pekerja sudah menentukan harga diawal sesuai dengan berapa meter taman kolam yang akan dibuat.

Berdasarkan bacaan di atas, terdapat estimasi biaya pembuatan taman kolam dengan desain minimalis. Biaya yang dikeluarkan ditujukan untuk keperluan berbagai komponen yang dibutuhkan serta upah pekerja pembuatan taman kolam. Setiap daerah tentu memliki harga yang bervariasi. Selain itu, harga yang diberikan tergantung kualitas dari komponen serta ukuran dari taman kolam tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *