Cara Membuat Gazebo Taman dan Kolam Estetik!

Sisa pekarangan rumah dapat disulap menjadi lebih cantik dengan menambahkan gazebo taman dan kolam. Apalagi saat ini hadir berbagai model gazebo dan kolam yang dapat dikombinasikan untuk menghasilkan pekarangan rumah yang estetik. Tapi, sebelum memutuskan merombak pekarangan menjadi taman dengan gazebo dan kolam, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Detail lebih lengkapnya akan dibedah di bawah ini. Perhatikan dengan seksama!

Cara Membuat Gazebo Taman dan Kolam Supaya Terlihat Cantik

1. Pertimbangkan Luas Halaman

Pertama harus dipertimbangkan luas halaman yang akan disulap menjadi gazebo taman serta kolam. Ini nantinya mempengaruhi desain dari gazebo serta kolam yang akan digunakan. Selain itu luas halaman juga mempengaruhi konsep gazebo dan kolam yang akan dibuat.

Untuk simulasi buatlah sketsa kasar yang membagi daerah-daerah halaman sesuai peruntukannya. Misalnya saja, sejumlah sekian meter halaman digunakan untuk meletakkan gazebo lalu sekian meter untuk kolam. Jangan lupa pertimbangkan luas area yang dibutuhkan untuk jalan menuju ke arah gazebo atau kolam.

2. Tentukan Konsep Taman

Jika sudah menentukan pembagian luas halaman sekarang saatnya menentukan konsep taman. Ada banyak konsep yang dapat diusung oleh pemilik rumah. Semuanya tergantung pada kebutuhan dan keinginan sang pemilik. Ini nantinya dapat berpengaruh terhadap desain bangunan yang akan didirikan.

Misalkan saja taman yang akan dibangun mengusung konsep taman minimalis. Konsep ini akan menampilkan taman yang minim ornamen dan terlihat simpel. Lalu sesuaikan desain dari gazebo serta kolam dengan konsep taman untuk menonjolkan kesan minimalis tersebut.

3. Buat Rincian Biaya

Saat membuat gazebo taman dan kolam jangan lupa mempertimbangkan masalah biaya. Untuk mencegah biaya membengkak, maka perlu dibuat rincian biaya keperluan-keperluan selama proses pembangunan berlangsung. Besarnya biaya tiap gazebo dan kolam berbeda-beda. Tergantung dari model kolam, bahan, hingga desain dari gazebo dan kolam tersebut.

Rincian biaya meliputi biaya tukang, biaya material, biaya arsitek apabila menggunakan jasa arsitek, biaya transprotasi, dan berbagai keperluan biaya lainnya. Daftar rincian biaya ini yang nantinya akan menjadi patokan pengeluaran selama proses pembangunan berlangsung. Usahakan biaya yang dikeluarkan tidak melebihi anggaran, guna mencegah biaya membengkak.

4. Rancang Desain Bangunan

Desain bangunan menjadi hal penting yang harus disiapkan untuk membuat gazebo dan kolam. Ada banyak pilihan desain yang dapat diterapkan dalam pembuatan gazebo dan kolam pemilik rumah. Namun selain membuat sendiri, bisa juga dengan membeli pada penjual gazebo langsung jadi, yang menyediakan gazebo praktis siap pasang untuk para pelanggannya.

Pemilik rumah juga dapat menggunakan jasa arsitek untuk mendesain gazebo dan kolam yang cantik serta menyatu dengan konsep taman. Ada banyak jasa arsitek berpengalaman yang telah menghasilkan taman-taman serta kolam yang indah. Tapi, jika ingin menggunakan jasa arsitek, jangan lupa memasukkan anggaran biaya jasa arsitek pada rincian biaya agar tidak kaget nantinya.

5. Pilih Material yang Tepat

Untuk menghasilkan gazebo dan kolam yang cantik tak hanya perlu desain yang sesuai, tapi juga material yang pas. Pemilihan material tidak hanya berpengaruh terhadap daya tahan bangunan tapi juga kesan yang akan ditampilkan dari bangunan tersebut. Misalkan saja untuk taman dengan konsep tanaman kering, maka sebaiknya pilih material yang didominasi warna coklat muda dan bebatuan-bebatuan coklat.

Seperti yang dijelaskan, selain pada estetika, material juga berpengaruh pada daya tahan bangunan tersebut. Contohnya saja pada pemilihan kayu untuk gazebo taman, jenis kayu akan berpengaruh terhadap usia dari gazebo tersebut. Apalagi untuk bangunan yang berada di luar ruangan. Maka seyogyanya pilih material yang tahan terhadap paparan sinar matahari dan hujan terus menerus.

Ada berbagai hal yang harus disiapkan sebelum membuat gazebo taman dan kolam untuk halaman pekarangan rumah. Kelima hal di atas adalah beberapa di antaranya. Semua persiapan tersebut mulai pengukuran luas tanah sampai dengan pemilihan material, diperlukan untuk menghasilkan taman dengan gazebo dan kolam. Tentunya, yang tidak hanya estetik, namun juga berkualitas terbaik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *