5 Cara Menata Batu di Taman Agar Terlihat Menarik

batu taman

Batu merupakan sebuah bahan material yang lazim dipergunakan untuk mempercantik tampilan sebuah taman. Sehingga seorang perancang wajib memperhatikan betul bagaimana cara menata batu di taman tersebut agar tidak hanya menarik, namun juga punya nilai fungsional. Hal-hal itu akan dibahas secara lengkap di sini, jadi jangan biarkan ulasan yang berharga ini terlewat begitu saja!

1. Eksplorasi Batu Alam Sebagai Dinding Taman

Memiliki dinding taman yang monoton tentu bukan sebuah pilihan. Agar kesan monoton dan itu-itu saja dapat hilang, menggunakan batu alam sebagai dinding taman bisa menjadi pilihan. Dengan penggunaan dinding alam ini kesan sempit dan kuno akan hilang.

Tetapi jika menggunakan konsep ini, tentu bukan hanya harus tahu cara menata batu di taman saja, namun juga wajib paham metode merawatnya. Meski hal yang sepele, namun jika tidak tahu cara merawatnya, batu alam ini akan mudah sekali ditumbuhi oleh lumut. Karena itulah, baiknya pikirkan cara alternatif seperti pemberian coating yang sesuai, dan sebagainya.

2. Hias Taman Kecil dengan Batu Coral

Untuk inspirasi selanjutnya sangat cocok bagi yang menginginkan sebuah taman, tetapi memiliki lahan yang sempit dan terbatas. Sebuah konsep taman yang simpel dan minimalis adalah sebuah gagasan yang cemerlang. Agar semakin estetik, maka pengguna bisa menata aneka coral di sela-sela taman agar memunculkan kesan natural.

Sangat disarankan pula, bagi yang ingin memiliki konsep ini sebaiknya untuk memilih warna yang sekiranya netral. Sehingga kesan rapi dan sederhana akan sangat cocok dengan ide ini. Namun, tentu saja untuk hasil yang memukau, bisa juga dilakukan beberapa eksperimen dan padupadan yang sesuai.

3. Manfaatkan Batu Coral Sebagai Jalan Setapak Pada Taman

Selanjutnya, cara menata batu di taman juga dapat dilakukan dengan memfungsikan sebagai media jalan setapak di taman. Konsep ini sendiri akan sangat cocok bagi yang memiliki taman di depan rumah, sehingga akan membutuhkan jalan setapak untuk melewatinya. Bagaimana sangat menarik, bukan?

Menggunakan teknik ini akan sangat menguntungkan, terutama pada musim penghujan, rumput yang licin tentunya akan hilang. Selain itu, kesan monoton tentu akan sirna dan akan memberikan kesan berbeda pada tampilan taman tersebut. Agar semakin antik, pemilik bisa pula untuk sedikit bereksperimen serta berkreasi dengan berbagai macam warna-warna batu coral.

4. Mengreasikan Batu Coral Sebagai Dinding Taman

Pemakaian batu coral yang berukuran kecil juga bisa dikreasikan sebagai dinding yang menjadi baground taman. Karena bentuknya yang kecil, maka pemilik harus memahami teknik khusus yang tidak boleh sembarangan.

Agar batu coral dapat seperti menempel pada dinding, diperlukan sebuah kerangka besi dahulu. Untuk konsep kerangkanya dapat sesuai keinginan, seperti melintang pada bagian samping dinding atau melingkar. Namun pada konsep ini memerlukan semen sebagai perekat selain batu coral atau besi kerangka. Meski sedikit merepotkan, ini akan menghasilkan dinding taman yang anti mainstream.

5. Kombinasikan Batu Coral dengan Aneka Warna

Konsep terakhir ini tentu akan memberikan sebuah hasil yang sangat berbeda. Berbagai macam warna dari batu coral akan memberikan kesempatan serta berbagai ide dalam berkreasi. Dengan pola desain yang ditata akan membuat tampilan batu coral tersebut indah dan menarik untuk dipandang.

Pada tangan yang memiliki kreatifitas yang tinggi, batu coral tersebut akan disulap menjadi sebuah karya pattern yang epik. Tetapi, tentu saja sebanding dengan proses dan hasil akhirnya. Tertarik dan ingin mencoba?

Bagaimana, sudah mempunyai angan, ingin menggunakan cara menata batu di taman seperti apa? Mungkin beberapa pembahasan dan referensi di atas ada yang menarik perhatian? Jika iya, maka baiknya segera siapkan konsep dan bahan materialnya, lalu segera saja wujudkan taman yang diimpikan!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *