Cara Membuat Relief Tebing Taman yang Patut Dicoba

tebing taman

Membuat tampilan yang estetik dan artistik pada sebuah kolam dapat dilakukan dengan banyak jalan. Barangkali salah satunya ialah dengan cara membuat relief tebing taman yang mampu menambah kesan asri. Ingin tahu, bagaimana proses pembuatannya? Sebaiknya luangkan sedikit waktu untuk menyimak sajian informasi menarik di bawah ini dengan seksama! 

Alat dan Bahan untuk Membentuk Relief Tebing

Diperlukan persiapan alat dan bahan sebelum dilakukan cara membuat relief tebing taman, di antaranya semen, pasir, sekop, dan batu. Sementara untuk konstruksinya dapat memakai besi yang telah disambung kawat agar dapat menahan dan menguatkan kerangka. Selain itu, batu bata dapat juga menjadi pertimbangan yang digunakan pada tembok.

Tahapan dalam Membentuk Relief Tebing

Jika semua alat dan bahan seperti yang di atas telah disediakan, maka relief dapat langsung dikerjakan. Perhatikan stepstep yang harus dikerjakan di bawah ini!

1. Siapkan Area Pembuatan Relief

Langkah awal yang wajib dilakukan adalah menyiapkan area yang ingin didesain. Lalu susunlah batu bata pada area tersebut. Supaya bata terekat sempurna, gunakanlah semen dengan kualitas tinggi.

Setelah itu, tebalkanlah pada sebagian dinding taman agar terbentuk efek pada tebing batu tersebut. Untuk tebal atau tipis lapisan tergantung pada keinginan penggarap. Lalu jangan sampai lupa membuat semen menyerupai batuan yang halus dengan sekop.

2. Buat Efek Tonjolan

Setelah menyelesaikan tahap pertama, kemudian, lekatkanlah paku panjang di sebagian dinding. Lalu letakkan potongan bata di antara paku. Hal ini bertujuan untuk membuat tonjolan batu pada bagian tengah tebing.

Selanjutnya, lapisilah semen pada bata yang telah tergantung dengan tebal dan tidak boleh ragu-ragu. Semen tersebut harus mirip sama tonjolan pada tebing tengah asli, karena kalau tidak hasilnya kurang bagus.

3. Lakukan Pengikisan dan Finishing

Setelah itu, lakukanlah pengikisan pada beberapa area susunan (setengah kering) tadi agar dinding lebih estetik. Kemudian, buatlah lubang pada sebagian tembok supaya relief mirip sama aslinya.

Langkah berikutnya percantiklah bagian yang menonjol dengan merapikan beberapa bagian yang tidak diperlukan, sehingga relief tampak seperti aslinya. Namun, apabila dirasa belum puas bisa melakukan tahap melapisi semen lagi dan mengikisnya kembali.

Terakhir, hiasi tembok dinding dengan warna-warna yang sesuai selera (tidak ada ketentuan khusus). Coraknya bisa cat dasar seperti oranye, abu-abu atau cokelat. Dengan begitu relief sudah bisa dinikmati.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Merancang Relief

Dalam mengerjakan cara membuat relief tebing taman di atas tentunya tidak boleh sembarangan. Perancang harus betul-betul memperhatikan beberapa hal agar hasilnya maksimal, seperti komponen pokok di bawah ini:

  • Sketsa atau desain. Pembuatan pola merupakan tahap utama dalam membuat relief yaitu memperkirakan bangunan rumah dengan bentuk tebing yang ingin dibuat;
  • Kerangka besi. Tebing harus memiliki pondasi yang kuat agar tidak terjadi keretakan terutama yang terjadi di daerah pinggiran;
  • Saringan Kolam. Sebaiknya, jika relief dekat kolam, gunakan filter dengan sirkulasi 1/3 kolam untuk mengurangi lumut dan menjernihkan air. Hindari pula tanaman hias yang mudah rontok, dan lebih bagus lagi jika memakai jenis tumbuhan menjuntai saja;
  • Warna Cat. Pilihlah cat dengan warna natural agar kesan alamnya tetap terjaga dan dapat sesuai dengan tanaman atau ikan yang dipelihara; dan
  • Selokan. Jangan lupa perhatikan dengan benar saluran pembuangan, karena sangat penting saat pengurasan air, terutama di musim hujan.

Demikianlah tadi serangkaian pembahasan yang dapat dijabarkan mengenai cara membuat relief tebing taman yang dapat dilakukan. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba membuatnya di rumah masing-masing? Pastinya siapkan dulu ide dan material bangunannya, agar saat pembuatan dapat berjalan dengan tenang, lancar, dan pastinya optimal! 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *