Tips Memilih Tanaman Hias Indoor yang Tepat untuk Rumah Anda

10 Tips Memilih Tanaman Hias Indoor yang Tepat untuk Rumah Anda

 

 

Perlu diketahui, kita tidak boleh asal dalam memilih tanaman hias indoor yang tepat untuk ruangan di rumah. Terdapat berbagai jenis tanaman hias yang setiap jenisnya memiliki kebutuhan untuk tumbuh yang berbeda-beda.

 

Mulai dari sensitivitas tumbuhan, kebutuhan cahaya, tingkat kelembaban, serta penempatan tanaman hias yang sesuai dengan desain ruangan menjadi hal-hal penting yang perlu diperhatikan.

 

Nah, supaya Anda tidak bingung, berikut ini kami bagikan tips-tips apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih tanaman hias indoor yang tepat untuk ruangan Anda.

 

1. Pilih Berdasarkan Bentuk dan Coraknya

 

Secara umum, ada dua jenis tanaman hias yang bisa Anda pilih yaitu tanaman hias bunga dan tanaman hias daun. Jika Anda menggunakan tanaman hias bunga, pastikan memilih tanaman dengan bunga yang cantik dan aromanya yang harum. Contohnya, anthurium atau peace lily.

 

Sedangkan jika menggunakan jenis tanaman hias daun pastikan memilih tanaman yang memiliki bentuk dan corak yang unik serta indah dipandang. Contohnya tanaman lidah mertua, sanseviera, caladium, philodendron, cordyline, atau dracaena.

 

2. Pilih Berdasarkan Berdasarkan Fungsinya

 

Tanaman hias indoor memiliki fungsi yang beragam, mulai dari penghias sudut ruangan, pembatas pandangan, sampai menjadi alat sirkulasi udara.

 

Bila fungsinya untuk memperindah ruangan, tanaman hias dengan bentuk dan corak yang unik serta warna yang indah dapat menjadi pilihan. Tetapi jika fungsinya sebagai pembatas, maka tanaman hias yang cukup besar dengan daun yang lebat bisa menjadi pilihan.

 

3. Gunakan Tanaman Hias dengan Ketahanan yang Baik

 

Tidak semua tanaman hias memiliki daya tahan yang baik, terutama berkaitan dengan intensitas cahaya, kelembaban, temperatur, dan sirkulasi udara dalam ruangan.

 

Dalam memilih tanaman hias untuk di dalam ruangan, pastikan menggunakan tanaman yang memiliki daya tahan baik pada temperatur udara dalam ruangan sehingga tidak mudah layu dan mati.

 

4. Ketahui Intensitas Cahaya Matahari di Dalam Rumah

 

Masing-masing tanaman hias memiliki tingkat ketahanan yang berbeda terhadap keterbatasan intensitas cahaya matahari yang masuk ke lokasi penempatan tanaman.

 

Pastikan lokasi penempatan tanaman memiliki intensitas cahaya matahari yang cukup agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

 

5. Tanaman Hias untuk Ruangan dengan Cahaya Redup

 

Ada beberapa jenis tanaman hias yang cocok untuk ruangan dengan cahaya redup, di antaranya pakis boston, spider plant, atau peace lily.

 

6. Tanaman Hias untuk Ruangan dengan Cahaya Medium

 

Bila ruangan Anda memiliki intensitas cahaya medium, beberapa jenis tanaman hias seperti begonia, alocasia, dan wijaya kusuma dapat menjadi pilihan yang tepat.

 

7. Tanaman Hias untuk Ruangan dengan Cahaya Terang

 

Untuk ruangan dengan cahaya terang bahkan cenderung panas, beberapa jenis tanaman yang cocok ialah jenis kaktus, asparagus ferns, atau pohon ara.

 

8. Perhatikan Tingkat Kelembaban Ruangan

 

Selain intensitas cahaya, tingkat kelembaban ruangan juga perlu diperhatikan dalam memilih tanaman hias indoor yang tepat.

 

Pastikan kelembaban di ruangan sesuai dengan jenis tanaman hiasnya. Untuk mensiasatinya, Anda bisa meletakkan tanaman hias di atas wadah dengan batu-batuan kecil dalam vas dan air.

 

9. Gunakan Wadah Tanaman Hias Sesuai Kebutuhan

 

Untuk wadah tanaman hias yang akan digunakan, pastikan Anda memilih wadah yang tidak berukuran terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Wadah tanaman hias juga harus memiliki lubang di bagian bawah sebagai saluran pembuangan air.

 

10. Lokasi Penempatan Tanaman Hias

 

Jika sudah menemukan tanaman hias indoor yang tepat untuk ruangan Anda, tips terakhir ialah bagaimana menempatkan tanaman hias tersebut agar pas secara visual.

 

Anda juga dapat melakukan rotasi atau perpindahan letak tanaman hias secara berkala, namun sesuaikan juga dengan jenis tanaman, intensitas cahaya, dan tingkat kelembaban yang diperlukan tanaman.

 

Itulah beberapa tips dari kami tentang bagaimana memilih tanaman hias indoor yang tepat untuk rumah Anda. Tanaman hias indoor juga memerlukan perawatan lebih ekstra ketimbang tanaman yang ditempatkan di luar ruangan.

 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan tanaman hias indoor antara lain:

  • Pastikan tanaman hias terkena cahaya matahari di setiap harinya.
  • Perhatikan media penanaman dan rutinitas penyiraman.
  • Hindarkan tanaman dari serangan hama.
  • Pilih wadah tanaman hias yang menarik sehingga menambah keindahan ruangan.

 

Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *