Tanaman Penyejuk Ruangan Tanpa Tanah

8 Tanaman Penyejuk Ruangan Murah dan Tanpa Tanah untuk Rumah Lebih Asri dan Sehat

 

Tanaman penyejuk ruangan murah dan tanah maksudnya ialah tanaman hias indoor yang bisa kita manfaatkan untuk menyerap polutan udara di dalam ruangan. Sedangkan tanpa tanah di sini artinya kita tidak memerlukan lahan atau ruangan yang luas untuk dapat menanamnya.

 

Perlu kita ketahui, polusi udara dikenal pula sebagai “silent killer” bagi manusia. Tidak hanya di luar ruangan, udara dalam ruangan juga dapat menghasilkan polusi yang potensial menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

 

Polutan udara di dalam ruangan dapat mengancam kita dengan efek yang lebih berbahaya, terutama bagi Anda yang menghabiskan lebih banyak waktu berada di dalam ruangan.

 

Dengan adanya tanaman hias penyerap polutan, suhu di ruangan akan tetap terjaga kesejukkannya dan udara di sekitarnya pun akan selalu bersih dan sehat.

 

Beberapa ahli kesehatan bahkan menganjurkan setidaknya di dalam rumah ada satu tanaman setiap 10 meter persegi luas lantai untuk dapat berkontribusi terhadap kualitas udara yang baik bagi rumah Anda.

 

Lantas, tanaman apa saja yang dapat berguna sebagai penyejuk ruangan dengan harga yang murah dan tanpa tanah yang luas?

 

Berikut kami akan berbagi 8 jenis tanaman penyejuk ruangan murah dan tanpa tanah yang bisa Anda tempatkan di dalam rumah.

Baca Juga :

Manfaat Tanaman Hortikultura Bagi Masyarakat dan Petani

1. Bambu Palm (Reed Palm)

 

Reed Palm atau yang juga dikenal dengan nama Bambu Palm merupakan tanaman yang cocok untuk dimanfaatkan sebagai penyejuk ruangan. Tanaman ini dapat tumbuh subur dalam kelembaban tinggi di bawah cahaya dengan intensitas menengah.

 

Bambu Palm dapat menjadi tanaman menyejukkan ruangan dan juga pembersih udara dari berbagai polutan seperti benzena, formaldehida, toluena, ataupun trichloroethylene.

 

2. Palem Kuning

 

Palem Kuning merupakan salah satu tanaman hias indoor yang populer. Umumnya diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga. Selain dapat memperindah ruangan, palem kuning juga memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan temperatur ruangan.

 

3. Sansevieria (Lidah Mertua)

 

Tanaman lidah mertua dapat menjadi hiasan ruangan yang indah sekaligus menyehatkan udara di ruangan tersebut.

 

Tidak seperti tanaman lain, Lidah Mertua justru mengeluarkan oksigen di malam hari saat Anda terlelap. Hadirnya tanaman ini akan membuat ruangan Anda terasa lebih sejuk dan nyaman.

 

4. Lidah Buaya

 

Tanaman lidah buaya tidak hanya bagus untuk menghaluskan rambut dan mempercantik ruangan, tapi juga dapat memberi kesejukan di sebuah ruangan. Bahkan, tanaman ini juga diyakini mampu membasmi racun udara yang ada di dalam ruangan.

 

5. Pakis Boston

 

Pakis Boston juga sering menjadi pilihan setiap rumah untuk dijadikan tanaman hias dalam ruangan. Tanaman dengan daun-daunnya yang menjuntai ini mampu menjaga kelembaban udara di dalam ruangan.

 

6. Baby Rubber Plant

 

Tanaman penyejuk ruangan murah dan tanpa tanah berikutnya ialah Baby Rubber Plant. Tanaman ini mampu dengan efektif menjaga kelembaban udara di dalam ruangan.

 

Perawatannya pun tergolong mudah karena tidak memerlukan air dan hanya mengandalkan tanah untuk dapat terus berkembang.

 

7. Pohon Ficus

 

Pohon Ficus yang termasuk dalam jenis pohon beringin ini memiliki kemampuan menghilangkan bau tak sedap dan menyeimbangkan kelembaban udara di dalam ruangan.

 

Namun, tanaman ini memerlukan sinar matahari yang cukup sehingga akan lebih baik untuk meletakkannya di dekat jendela.

 

8. Golden Photos (Sirih Gading)

 

Tanaman hias Sirih Gading mampu menjadi penyejuk untuk ruangan Anda. Tidak hanya itu, tanaman ini juga mampu menyerap zat-zat berbahaya di udara lainnya seperti benzena, dan karbon monoksida.

 

Tanaman ini tidak memerlukan perawatan yang ribet. Namun pastikan mendapatkan cukup air dan diletakkan di ruangan yang agak luas karena tergolong tanaman yang cepat pertumbuhannya.

 

Itulah 8 jenis tanaman penyejuk ruangan murah dan tanpa tanah yang bisa Anda tempatkan di dalam rumah. Dengan memiliki tanaman hias tersebut di dalam rumah, Anda bahkan tidak memerlukan AC lho untuk menjaga kesejukkan di rumah Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *