Tanaman Buah Dalam Pot yang Cepat Berbuah dan Mudah Dibudidayakan

10 Jenis Tanaman Buah Dalam Pot yang Cepat Berbuah dan Mudah Dibudidayakan

 

 

Artikel berikut ini sangat tepat bagi Anda yang ingin menanam jenis tanaman buah dalam pot yang cepat berbuah. Perlu diketahui, sekarang ini ada beberapa jenis tanaman buah yang dapat ditanam tanpa harus memiliki lahan yang luas.

 

Anda dapat menanam pohon buah favorit hanya dengan menggunakan media pot sehingga bisa diterapkan di rumah dengan lahan yang tidak terlalu luas.

 

Teknik menanam pohon buah menggunakan pot juga sangat cocok untuk Anda yang tinggal di daerah perkotaan. Bahkan, bisa dijadikan peluang bisnis budidaya buah-buahan yang cukup menjanjikan.

 

Pada dasarnya, semua tanaman buah lebih cepat berbuah apabila didapatkan dari hasil pengembangbiakkan secara vegetatif (stek, okulasi, cangkok, sambung pucuk) ketimbang secara generatif (biji).

 

Berikut ini kami rekomendasikan beberapa jenis tanaman buah dalam pot yang cepat berbuah untuk Anda yang ingin budidaya pohon buah di lahan sempit.

 

1. Pohon Anggur

 

Hampir semua varietas anggur dapat ditanam dalam pot. Namun, bila ingin menanam anggur dalam pot, pilihlah wadah besar dan kokoh yang dapat mendukung sulurnya yang kuat. Sediakan pula media rambat agar tanaman dapat berbuah dengan sempurna.

 

2. Pohon Nanas

 

Pohon nanas dapat tumbuh kompak dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Pohonnya tidak pernah tumbuh lebih dari 3-6 meter sehingga sudah sepatutnya tanaman nanas masuk dalam daftar tanaman buah yang dapat ditanam dalam pot.

 

Akar yang dimilikinya juga dangkal bila dibandingkan dengan tanaman buah yang lainnya. Pastikan Anda memilih varietas nanas unggulan sehingga dapat menghasilkan buah yang baik.

 

3. Pohon Strawberry

 

Strawberry merupakan salah satu tanaman buah terbaik yang bisa Anda tanam dalam pot. Namun, bila ingin tumbuh dan menghasilkan buah yang baik, tanaman strawberry harus diperhatikan perawatannya.

 

Salah satunya ialah pastikan tanaman strawberry diletakkan di area yang terkena sinar matahari setidaknya 6-8 jam sehari.

 

4. Pohon Blueberry

 

Seiring bertambahnya usia, tanaman blueberry memang akan terus bertambah besar. Oleh karena itu, bila ingin menanamnya dalam pot Anda harus rajin melakukan pemangkasan dan perawatan yang baik.

 

Pot yang diperlukan untuk menanam pohon blueberry ialah pot yang berukuran 50 cm dan memiliki kedalaman 45 cm. Cocopeat dengan campuran pupuk kompos merupakan media tanam yang cocok untuk jenis tanaman satu ini.

 

5. Pohon Mentimun

 

Jenis tanaman buah dalam pot yang cepat berbuah selanjutnya ialah pohon mentimun. Mentimun termasuk kategori tanaman sayuran buah yang bisa kita tanam menggunakan pot. Anda dapat memanfaatkan pagar atau teralis sebagai media rambatnya.

 

Jika sudah berbuah, pastikan untuk memanennya secara teratur sehingga media rambat dan pot yang digunakan dapat menyokong berat buah dengan baik.

 

6. Pohon Terong

 

Menanam pohon terong dalam pot sangat mudah dilakukan. Anda dapat menanamnya pada pot berukuran minimal 12 cm supaya tanaman terong dapat tumbuh dengan baik.

 

Sama seperti mentimun, pohon terong juga memerlukan media rambat untuk tumbuh dan menghasilkan buah yang baik.

 

7. Pohon Srikaya

 

Tanaman srikaya merupakan tanaman yang dapat ditanam dalam pot dan bisa menghasilkan buah sepanjang tahun. Tanaman yang tergolong perdu ini umumnya dapat tumbuh dengan tinggi antara 2-7 cm. Pastikan Anda melakukan perawatan dan pemangkasan agar tinggi pohon tetap pas ditanam dalam pot.

 

8. Pohon Jeruk

 

Jeruk juga dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin menanam tanaman buah dalam pot. Hampir semua varietas jeruk dapat tumbuh dengan baik dalam pot. Hanya saja, perawatannya memang berbeda bila dibandingkan pohon jeruk yang ditanam di lahan yang luas.

 

Dibutuhkan drainase yang baik agar pohon jeruk dapat tumbuh sempurna. Jadi, pastikan pot yang dipakai sebagai media tanam memiliki lubang drainase di bawahnya. Penyiraman dan pemberian pupuk juga perlu dilakukan secara konsisten serta teratur agar pertumbuhannya dapat berlangsung dengan baik.

 

9. Pohon Lemon

 

Selain jeruk, lemon juga dapat tumbuh dengan baik saat ditanam dalam pot. Buahnya yang atraktif, warnanya yang terang, dan menyegarkan saat dikonsumsi, membuat lemon menjadi salah satu tanaman yang favorit untuk ditanam dalam pot.

 

10. Tomat dan Cabai

 

Tomat dan cabai merupakan jenis tanaman buah yang paling banyak ditanam dalam pot. Bila Anda ingin menanam tomat dalam pot, sediakan penyangga sebagai penopang agar pohon dapat tumbuh tegak dan tidak mudah patah. Sedangkan untuk cabai, perawatannya cenderung lebih mudah karena dapat tumbuh dengan baik di dalam pot.

 

Itulah 10 jenis tanaman buah dalam pot yang cepat berbuah dan mudah untuk dibudidayakan. Pastikan Anda memilih varietas yang tepat dan melakukan cara perawatan teratur agar tanaman dapat menghasilkan buah yang maksimal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *