Manfaat Tanaman Hortikultura Bagi Masyarakat dan Petani

Beragam Manfaat Tanaman Hortikultura Bagi Masyarakat dan Petani

 

 

Manfaat tanaman hortikultura merupakan hal penting yang perlu diketahui oleh Anda yang ingin menggeluti bisnis di bidang pertanian.

 

Secara luas, makna hortikultura bukan hanya digunakan untuk jenis tanaman kebun saja, tetapi juga untuk semua jenis tanaman yang dibudidayakan.

 

Pengertian hortikultura berasal dari bahasa latin, hortus yang berarti tanaman kebun, dan cultura/colere yang artinya budidaya. Selain itu, tanaman hortikultura juga dapat diartikan sebagai budidaya tanaman kebun yang dilakukan secara modern.

 

Perisabel atau mudah rusak karena segar menjadi salah satu ciri khas dari produk yang dihasilkan dari hortikultura. Jenis-jenis tanaman hortikultura antara lain tanaman buah (pomologi/frutikultur), tanaman sayur (olerikultura), tanaman bunga (florikultura), dan tanaman obat (biofarmaka).

 

Fungsi Tanaman Hortikultura

 

Tanaman hortikultura mempunyai prospek pengembangan yang bagus karena bernilai ekonomi tinggi dan memiliki potensi pasar yang baik untuk di dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu, fungsi tanaman hortikultura secara sederhana dapat dikelompokkan menjadi 4, antara lain:

  1. Fungsi penyediaan pangan, karena menjadi salah satu bahan pokok tambahan dalam kehidupan manusia.
  2. Fungsi ekonomi, karena memiliki daya penjualan yang tinggi dengan target pasar yang luas.
  3. Fungsi kesehatan, karena jenis tanaman obat memiliki manfaat besar bagi manusia untuk kesehatan.
  4. Fungsi sosial budaya, karena menjadi salah satu unsur dari lokalitas masyarakat setempat, serta memberi keindahan dan kenyamanan bagi lingkungan.

 

Manfaat Tanaman Hortikultura

 

Manfaat tanaman hortikultura begitu besar bagi masyarakat dan petani, tidak hanya berguna untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan kesehatan, tapi juga untuk kelangsungan perekonomian.

 

Adapun manfaat utama yang bisa diperoleh dari tanaman hortikultura, di antaranya:

 

1. Memperbaiki dan Meningkatkan Gizi

 

Tanaman hortikultura dapat digunakan untuk meningkatkan dan memperbaiki gizi karena memiliki kandungan vitamin dan mineral yang penting untuk vitalitas tubuh.

 

Beberapa jenis nutrisi yang terkandung pada jenis tanaman hortikultura buah dan sayur antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalium, kalsium, dan juga fosfor.

 

2. Memperindah Lingkungan Tempat Tinggal

 

Hortikultura jenis tanaman hias dapat digunakan untuk membuat lingkungan menjadi lebih indah, menarik, dan nyaman.

 

3. Memiliki Peluang Besar di Sektor Pertanian dan Agrobisnis

 

Tanaman hortikultura memiliki peluang yang bagus di sektor pertanian dan agrobisnis karena dapat memperluas lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

 

4. Komoditi Ekspor yang Menjanjikan

 

Manfaat tanaman hortikultura yang berikutnya ialah dapat menjadi komoditi ekspor yang menjanjikan sehingga memberikan pemasukan besar bagi devisa negara.

 

Dengan banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman hortikultura, komoditas tanaman ini memiliki masa depan yang cerah untuk dibudidayakan.

 

Hortikultura memiliki potensi besar untuk dikembangkan di Indonesia yang merupakan negara tropis dengan wilayah daratan yang luas.

 

Varietas yang dimiliki juga sangat mendukung dalam budidaya tanaman hortikultura. Sekarang ini sudah ada sebanyak 323 jenis komoditas hortikultura yang ditetapkan oleh Kementerian Pertanian. Varietas tersebut terdiri dari 60 jenis tanaman buah, 80 jenis tanaman sayur, 66 jenis tanaman obat, dan 117 jenis tanaman hias.

 

Peningkatan jumlah penduduk, pendapatan masyarakat, dan kesadaran akan gizi yang baik bagi masyarakat juga semakin memperbesar peluang pasar untuk komoditas hortikultura baik di dalam maupun di luar negeri.

 

Demikian informasi dari kami mengenai fungsi dan manfaat tanaman hortikultura bagi masyarakat dan perekonomian. Semoga dengan mengetahui manfaat tersebut, dapat menginspirasi kita untuk mulai membudidayakan tanaman hortikultura di lingkungan tempat tinggal.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *