Khasiat Daun Pandan

Khasiat Daun Pandan untuk Saraf, Begini Cara Pengolahannya!

 

 

Informasi berikut ini, kami akan membahas tentang khasiat daun pandan untuk saraf serta bagaimana cara pengolahannya. Seperti kita ketahui, daun pandan merupakan salah satu bahan pelengkap makanan yang lumayan sering digunakan di Indonesia.

 

Aromanya yang khas kerap dimanfaatkan untuk dijadikan pewarna atau penyedap rasa untuk beberapa jenis makanan maupun minuman.

 

Tetapi, tahukah Anda selain menjadi bahan pelengkap makanan, daun pandan juga memiliki khasiat yang besar lho bagi kesehatan tubuh. Satu dari sekian banyak manfaat daun pandan ialah untuk menguatkan saraf yang lemah.

 

Nah, bagaimana cara pengolahan daun pandan untuk terapi pengobatan saraf? Berikut akan kami bagikan uraiannya untuk Anda.

Baca Juga :

Cara Menanam Tanaman Hias Gantung Bagi Pemula

Cara Pengolahan Daun Pandan untuk Mengobati Penyakit Saraf

 

Daun pandan atau Pandan Wangi yang memiliki nama latin Pandanus amaryllifolius ini mengandung zat alkaloid, saponin, flavonoid, tannin, polifenol, dan zat warna.

 

Sebenarnya, daun pandan memiliki manfaat yang begitu banyak untuk kesehatan, salah satunya ialah mengobati saraf-saraf yang lemah sehingga seseorang dapat lebih tahan terhadap berbagai tekanan dapat mempengaruhi kondisi sarafnya.

 

Cara pengolahan daun pandan untuk mengobati saraf yang lemah, caranya amat mudah. Silahkan Anda ikuti beberapa langkah yang akan kami uraikan berikut ini:

  • Sediakan 3 lembar daun pandan wangi.
  • Cuci bersih, lalu iris kecil-kecil.
  • Rebus daun pandan yang telah diiris tadi bersama 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas saja. (Disarankan untuk tidak merebusnya dalam wadah alumunium)
  • Saring air rebusan tadi, minum 1 gelas air setiap pagi dan sore secara rutin.

 

Daun pandan tidak hanya efektif untuk mengatasi kondisi gelisah yang terkait dengan beban pikiran yang terlalu berat, tapi manjur juga lho untuk mengobati rematik, dan pegal linu yang diakibatkan karena saraf tubuh seseorang yang terlalu sensitif.

 

Di samping itu, daun pandan juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Apa saja manfaat daun pandan untuk kesehatan lainnya? Simak lanjutan artikelnya di bawah ini!

 

Khasiat Daun Pandan untuk Mengobati Beragam Jenis Penyakit

 

Adapun manfaat daun pandan juga dapat digunakna untuk mengobati beragam jenis penyakit, antara lain:

  1. Menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan produksi insulin pada sel pankreas sehingga cocok untuk digunakan sebagai terapi penyembuhan bagi penderita diabetes.
  2. Aroma daun pandan dapat meningkatkan nafsu makan. Tentunya sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang dalam proses pemulihan setelah sembuh dari sakit.
  3. Membantu pengeluaran racun dan zat tidak sehat dari dalam tubuh.
  4. Melancarkan buang air besar dan mengatasi kondisi sembelit.
  5. Meningkatkan fungsi saraf yang lemah.
  6. Bersifat analgesik. Daun pandan dapat digunakan sebagai obat pereda nyeri seperti sakit kepala, nyeri di dada, kram perut, dan rasa nyeri yang disebabkan oleh arthritis. Caranya cukup dengan mengonsumsi teh yang dicampur daun panda sebanyak 2 kali sehari.
  7. Mengobati rematik. Caranya dengan merebus daun pandan lalu memakai air rebusannya itu sebagai minyak gosok bersama dengan minyak kelapa ke seluruh area tubuh yang terkena rematik.
  8. Daun pandan bersifat antimitotic, apoptosis, antiproliferatif, dan memiliki efek sitotoksik sehingga mampu untuk mencegah dan melawan pertumbuhan sel kanker.
  9. Mengobati Diare. Daun pandan memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antimikroba sehingga secara keseluruhan bila dikonsumsi dapat menyehatkan saluran pencernaan.
  10. Mengobati insomnia atau gangguan susah tidur.
  11. Meredakan stres. Daun pandan memiliki efek menenangkan saraf sehingga cukup ampuh untuk mengatasi gangguan kecemasan dan mengurangi tingkat stres.
  12. Mengatasi masalah rambut rontok dan ketombe, serta merangsang pertumbuhan rambut.

 

Itulah sejumlah manfaat kesehatan yang bisa kita peroleh dari daun pandan. Jadi, selain khasiat daun pandan untuk saraf, pemanfaatannya juga bisa kok untuk berbagai pengobatan penyakit. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *