Jenis Tanaman Hias Outdoor yang Mudah Perawatannya

7 Jenis Tanaman Hias Outdoor yang Mudah Perawatannya

 

 

Keberadaan tanaman hias dapat menjadi nilai tambah untuk sebuah hunian. Jenis tanaman hias outdoor yang dirancang, ditata, dan disempurnakan untuk sebuah taman tentu akan membuat ruangan luar rumah Anda semakin sedap dipandang.

 

Tetapi perlu kita ketahui, tidak semua jenis tanaman cocok untuk diletakkan di luar ruangan. Masing-masing memiliki kebutuhan intensitas matahari, dan tingkat kelembaban udara yang berbeda-beda untuk dapat tumbuh dengan subur.

 

Berikut ini kami bagikan beberapa jenis tanaman hias outdoor yang mudah perawatannya sebagai referensi untuk taman rumah Anda.

 

1. Tanaman Cemara

 

Cemara adalah salah satu dari sekian banyak jenis tanaman hias outdoor yang mampu beradaptasi di tempat panas dengan baik. Ada sekitar 70 jenis tetumbuhan yang masih termasuk suku cemara-cemaraan (Casuarinaceae).

 

Beberapa jenis Cemara yang biasa dimanfaatkan sebagai tanaman hias antara lain Cemara Pua-pua (Cemara Natal), Cemara Kipas (Thuja orientalis), Cemara Inoki, Cemara Udang (Casuarina equisetifolia), dan Cemara Angin (Casuarina Junghuhniana).

 

2. Tanaman Kamboja

 

Kamboja memiliki bunga berwarna putih dengan bagian dalam berwarna kuning. Kuntum dari bunga tersebut berukuran kecil dan tidak terbuka secara penuh.

 

Secara umum, tanaman Kamboja dapat tumbuh subur di semua tempat. Tanaman ini mampu hidup dengan sedikit air, dan mampu beradaptasi meski berada di lingkungan yang kering dan panas.

 

3. Tanaman Hias Thunbergia

 

Bentuk bunganya yang indah menjadi daya tarik tersendiri bagi tanaman Thunbergia. Supaya dapat berbunga dengan rutin, tanaman ini membutuhkan sinar matahari secara penuh.

 

Thunbergia juga tahan terhadap cuaca panas, tumbuh dengan merambat dan cocok ditanam sebagai taman vertikal untuk bagian outdoor rumah Anda.

 

4. Tanaman Kaktus

 

Ketahanan tanaman yang satu ini terhadap cuaca panas sudah tidak diragukan lagi. Pasalnya, habitat asli tanaman in berada di daerah-daerah kering seperti gurun pasir.

 

Kaktus mampu tumbuh dengan baik meski tanpa diberi air dalam waktu yang lama. Memiliki akar yang panjang untuk mencari dan memperlebar penyerapan air dalam tanah.

 

Beberapa jenis Kaktus yang biasa dijadikan sebagia tanaman hias oudoor antara lain Kaktus Centong, Kaktus Kubis, Kaktus Ariocarpus, Kaktus Echinofossulocactus, Kaktus Panda, Kaktus Anggur, dan Kaktus Golden Barrel.

 

5. Tanaman Jengger Ayam

 

Jengger Ayam memiliki nama ilmiah Celosia cristata. Tanaman ini mampu beradaptasi dengan baik pada lingkungan yang panas sehingga akan sangat mudah dalam perawatannya.

 

Tanaman yang bentuk bunganya mirip dengan Jengger Ayam ini dapat tumbuh tegak dengan tinggi antara 60-90 cm.

 

6. Tanaman Sansevieria (Lidah Mertua)

 

Ciri-ciri tanaman Sansevieria atau Lidah Mertua memiliki daun yang tebal dan memiliki kandungan air sukulen yang membuatnya dapat tahan pada kondisi kekeringan.

 

Meski demikian, Sansevieria juga dapat tumbuh dengan baik pada lingkungan yang basah dan lembab. Warna daunnya cukup bervariasi, ada yang berwarna hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak hingga kombinasi antara warna putih-kuning atau hijau-kuning.

 

Selain dapat berguna sebagai tanaman hias, Lidah Mertua juga dipercaya memiliki beragam khasiat, seperti menyuburkan rambut, mengobati diabetes, wasir, hingga kanker ganas.

 

7. Tanaman Bougenville (Bunga Kertas)

 

Tanaman ini memiliki bunga yang lebat dengan beragam warna yang unik, seperti orange, merah, pink, atau ungu. Tanaman Bougenville tidak memerlukan perawatan khusus sehingga dapat dipelihara dengan mudah di halaman rumah Anda.

 

Beberapa jenis Bougenviile yang sering dijadikan sebagia tanaman hias outdoor, antara lain Gold Rush, Bambino Baby Allison, Bambino Baby Lauren, Coconut Ice, Barbara Karst, dan masih banyak lagi.

 

Itulah 7 jenis tanaman hias outdoor yang tahan panas dan hujan sehingga mudah dalam perawatan. Silahkan pilih beberapa yang disukai sebagai tanaman hias outdoor yang indah untuk rumah Anda.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *