Tanaman Hias Indoor yang Cantik untuk Ruang Tamu Minimalis

10 Tanaman Hias Indoor yang Cantik untuk Ruang Tamu Minimalis

 

 

Bagaimana bila kita mempunyai ide mempercantik ruang tamu minimalis menggunakan tanaman hias indoor? Mungkin bisa menjadi ide yang brilian.

 

Ruang tamu menjadi salah satu bagian penting di dalam rumah yang dekorasinya juga harus diperhatikan. Biasanya, ruang tamu merupakan ruangan pertama yang posisinya paling depan.

 

Bagian di dalam rumah ini memiliki fungsi yang cukup penting, karena menjadi penentu dalam memberikan kesan bagi tamu yang berkunjung ke rumah kita. Oleh karena itu, keindahannya juga harus diperhatikan.

 

Meletakkan tanaman hias menjadi salah satu cara dekorasi ruang tamu yang akan memberi kesan indah, asri, dan juga nyaman bagi tamu-tamu yang berkunjung ke rumah Anda.

 

Namun, tidak semua jenis tanaman hias cocok untuk diletakkan di dalam ruangan. Beberapa jenis tanaman hias berikut ini bisa menjadi referensi bagi yang ingin mempercantik ruang tamu minimalis rumah Anda. Yuk, kita simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga :

Tanaman Hias Merambat Terbaik untuk Mempercantik Rumah

1. Sansevieria (Lidah Mertua)

 

Sansevieria atau yang juga dikenal dengan nama tanaman Lidah mertua ini memiliki daun yang keras, tegak, dan ujung yang meruncing seperti karakter sukulen.

 

Cara perawatannya pun tidaklah sulit. Cukup menyiramnya sekali atau dua kali dalam seminggu dengan volume air sekitar 25-30 ml setiap satu kali penyiraman.

 

Perhatikan pula perawatan daun tanaman ini karena daya tariknya terdapat pada lekukan daun-daunnya yang mempesona.

 

2. Aglaonema (Chinese Evergreen)

 

Daya tarik dari Aglaonema ialah kombinasi 2 sampai 3 warna yang ada di setiap daunnya. Tanaman ini cukup rentan terhadap udara dingin. Jadi, hindari meletakkannya terlalu dekat dengan hembusan udara. Tanah yang lembab merupakan kunci untuk membuatnya dapat tumbuh dengan baik.

 

3. Sirih Gading (Devil’s Ivy)

 

Tanaman merambat yang satu ini dapat hidup dengan baik di media tanah maupun air. Sirih Gading juga memiliki kemampuan adaptasi yang luar biasa. Agar tanaman tetap tampil cantik, setidaknya gantilah air pada pot setiap 2 atau 3 hari sekali.

 

4. Spider Plant

 

Tanaman hias indoor yang satu ini tergolong mudah untuk dipelihara. Bahkan, tanaman ini akan cepat mengakar hanya denngan menancapkan batangnya ke tanah.

 

Spider Plant sangat cocok diletakkan di dalam ruangan karena tanaman ini tidak suka dengan pencahayaan sinar matahari secara langsung. Tanaman yang memiliki bentuk unik ini juga diklaim dapat menyerap racun dan membersihkan udara di sekitarnya.

 

5. Philodendron (Pohon Cinta)

 

Tanaman ini memiliki struktur daun menyerupai bentuk hati yang juga menjadi daya pikat dari pesona utamanya.

 

Philodendron dapat mampu bertahan 2-3 minggu di dalam ruangan meski tanpa adanya sinar matahari langsung. Perawatannya pun tidaklah sulit, cocok untuk dipelihara oleh pemula.

 

6. Peace Lily

 

Salah satu idola di kalangan pecinta tanaman hias ini memiliki ketahanan tinggi dan cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan. Tapi, tanaman ini tetap perlu dikeluarkan setiap 2-3 hari sekali untuk mendapatkan sinar matahari langsung.

 

Menariknya lagi, tanaman hias yang cantik satu ini juga memiliki kemampuan untuk membersihkan udara yang ada di sekitarnya.

 

7. Dracaena (Bambu Rezeki)

 

Tanaman Bambu Rezeki atau Dracaena merupakan tanaman yang sekarang ini tengah nge-hitz di kalangan pecinta tanaman hias. Tanaman jenis ini tidak membutuhkan perawatan yang rumit.

 

Anda bisa meletakkannya di samping jendela atau disisi bukaan cahaya yang besar untuk pertumbuhan terbaik bagi tanaman Bambu Rezeki.

 

8. Monstera

 

Tanaman yang satu ini sangat baik untuk ditempatkan di dalam ruangan karena mampu menghasilkan oksigen baik siang maupun malam hari. Daya tarik dari Monstera adalah aksen lubang dan sobekan-sobekan yang terdapat pada daunnya.

 

Hanya saja, daun dari tanaman ini memang agak beracun bila sampai terkunyah. Jadi, sebaiknya jauhkan dari jangkauan anak-anak maupun hewan peliharaan Anda.

 

9. Lidah Buaya (Aloe Vera)

 

Tanaman hias indoor yang satu ini juga cukup populer sebagai penghias ruangan Anda. Lidah Buaya juga memiliki ketahanan yang baik dan sangat mudah dalam perawatannya. Jadi, tidak akan merepotkan bila menempatkannya di dalam ruang tamu minimalis rumah Anda.

 

10. Beringin Karet (Rubber Plant)

 

Tanaman yang juga dikenal dengan nama Karet Kebo ini baiknya sering dipangkas dan dikerdilkan bila ingin ditempatkan di dalam ruangan. Pasalnya, Beringin Karet aslinya dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian puluhan meter.

 

Daya tarik dari tanaman satu ini terletak pada daunnya yang mengkilap, lembut, dan tidak disukai ulat. Bila ingin memelihara, baiknya letakkan di tempat yang tidak terlalu terang dan agak jauh dari sinar matahari langsung.

 

Sekian informasi tentang jenis-jenis tanaman hias indoor yang cantik untuk ruang tamu minimalis rumah Anda. Pastinya, ada salah satu atau beberapa dari tanaman di atas yang membuat Anda tertarik untuk dipelihara.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *