Langkah Mudah Menanam Bibit Pepaya California Agar Cepat Berbuah

menanam bibit pepaya

 

Bagaimana cara menanam bibit Pepaya California supaya cepat berbuah? Untuk saat ini, Pepaya California memang menjadi salah satu jenis buah tropis yang sedang hits.

 

Warna daging buahnya yang menarik, ukurannya yang tidak terlalu besar dan rasanya yang manis membuat buah yang satu menjadi kegemaran banyak orang.

 

Sebagai varietas unggulan, Pepaya California memiliki batang yang tidak terlalu tinggi (1,5-2 meter) dan dapat dipanen hanya dalam waktu sekitar 8-9 bulan. Tanaman ini juga dapat terus tumbuh dan dipanen hingga umur 4 tahun.

 

Frekuensi panen bahkan dapat dilakukan setiap minggu dengan jumlah 2-3 buah setiap kali panen. Bila dijumlah, Pepaya California diperkirakan dapat dipanen antara 1,9 sampai 3,6 ton per hektar lahan. Wajar saja jika Pepaya California banyak menarik minat petani untuk menanamnya.

 

Nah, berikut ini kami akan berbagi langkah-langkah mudah dalam menanam bibit Pepaya California hingga berbuah dan dapat dipanen.

menanam bibit pepaya california

 

Baca Juga :

Cara Menanam Bibit Bidara untuk Pemula

1. Pemilihan Bibit Pepaya California

 

Pemilihan bibit merupakan langkah pertama yang harus dilakukan dalam budidaya Pepaya California. Bagian tengah dari biji Pepaya California merupakan bibit yang paling baik untuk ditanam.

 

Setelah biji dibelah dan diambil bagian tengahnya, segera lakukan penyemaian dengan media campuran tanah dan pupuk kandang. Sesudah disemai, bibit-bibit tersebut ditempatkan dalam polybag secara terpisah supaya dapat dipindahkan dengan mudah.

 

Pertumbuhan bibit yang dipisah satu-satu ini akan lebih baik karena tidak bengkok-bengkok, dan tidak mudah terserang hama.

 

2. Persiapan Lahan untuk Budidaya Pepaya California

 

Tanaman Pepaya akan tumbuh lebih baik pada area lahan yang terkena cukup sinar matahari sepanjang hari. Pepaya California dapat tumbuh dan berbuah lebih cepat dengan kondisi tanah yang subur dan sinar matahari yang melimpah.

 

Bersihkan lahan terlebih dahulu, kemudian digemburkan dengan cangkul ataupun dengan cara dibajak. Untuk tanah dengan pH kurang dari 6, sebaiknya taburkan dolomit terlebih dahulu, lalu buatlah bedengan-bedengan dengan lebar sekitar 2 meter.

 

Bedengan tersebut berfungsi untuk menghindari air menggenang di sekitar area tanam Pepaya California. Namun, bila Anda ingin menghemat anggaran dan mempercepat waktu tanam, lahan tanpa dibuat bedengan pun tetap dapat langsung ditanam.

 

3. Penanaman dan Pemupukan

 

Langkah selanjutnya, buat lubang tanam di atas bedengan dengan diameter 30 cm, dengan jarak sekitar 3 meter antar lubang.

 

2 minggu sebelum tanam, ada baiknya Anda sudah menyiapkan campuran pupuk organik dengan tanah, biarkan selama kurang lebih 2 minggu.

 

Lubang-lubang yang telah dibuat tadi kemudian tanami dengan bibit Pepaya California. Hati-hati saat membuka polybag supaya tanah yang menjadi media tanam tidak pecah. Urug lubang tanam tersebut dengan campuran pupuk organik yang sebelumnya telah disiapkan selama 2 minggu.

 

Untuk tahap berikutnya, lakukan kembali pemupukan susulan berupa pupuk kandang dan pupuk kimia NPK setiap 3 bulan sekali. Dosis yang diberikan adalah 15 kg setiap pohonnya atau sesuai kebutuhan dan kondisi tanaman.

 

Taburkan pupuk kandang dalam jarak 50 cm di sekitar diameter tanaman. Sedangkan dosis pupuk NPK adalah 150 kg untuk satu musim tanam.

 

4. Perawatan Rutin Tanaman Pepaya California

 

Perawatan rutin yang dilakukan antara lain penyiraman, penyiangan, dan pembubunan. Sebaiknya, tanaman Pepaya California mendapatkan pengairan yang cukup. Lakukan penyiraman apabila tanah dalam kondisi kering atau pada saat musim kemarau.

 

Untuk penyiangan dilakukan dengan mencabuti rumput di sekitar batang tanaman secara rutin. Sedangkan pembubunan dilakukan untuk memperkuat batang supaya tidak mudah goyah dan roboh.

 

5. Memanen Pepaya California

 

Tahap pemanenan biasanya dapat dilakukan setelah tanaman berusia antara 8-9 bulan. Pepaya California yang telah matang memiliki tanda-tanda adanya semburat warna kuning terutama pada ujung buah. Ketika sudah dipanen, Anda potong tangkainya.

 

Sekian informasi dari kami mengenai 5 langkah mudah menanam bibit Pepaya California agar cepat berbuah. Semoga sukses dengan usaha budidaya yang akan Anda lakukan!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *