Jenis Tanaman Bambu Hias yang Diyakini Membawa Hoki

Ini Dia Jenis Tanaman Bambu Hias yang Diyakini Membawa Hoki

 

 

Tahukah Anda kalau ada tanaman Bambu Hias yang diyakini membawa hoki? Namanya Bambu Rejeki (Lucky Bamboo). Seperti apa bentuknya, dan bagaimana cara perawatannya? Yuk, kita simak lebih jauh tentang tanaman unik yang satu ini!

 

Menggunakan tanaman hias sebagai pelengkap dekorasi rumah kian banyak diminati. Tidak hanya berfungsi sebagai penghias ruangan saja, kehadiran tanaman hias juga dapat membuat suasana yang lebih menyegarkan di ruangan rumah Anda.

 

Bambu Rejeki merupakan salah satu dekorasi tanaman yang bisa menjadi pilihan untuk Anda melengkapi interior rumah. Dinamakan Bambu Rejeki, karena tanaman yang berasal dari Kamerun ini dipercaya mampu membawa hoki bagi pemiliknya.

Baca Juga :

Tanaman Hias Outdoor yang Mudah Perawatannya

Ciri Khas Tanaman Bambu Rejeki

 

Secara umum, tanaman Bambu Rejeki ini memiliki ciri-ciri batangnya yang ramping dan lebih lentur bila dibandingkan dengan bambu pada umumnya. Selain itu, bentuk daunnya juga lebih memanjang sehingga bentuknya memang agak unik dibandingkan tanaman Bambu yang lainnya.

 

Meski asal tanaman ini dari negara Kamerun, tetapi justru banyak digemari oleh masyarakat Jepang, Cina, dan Asia Timur lainnya.

 

Pasalnya, tanaman yang satu ini dipercaya membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Hal ini tentu tidak lepas dari kepercayaan akan segi feng shui dalam penataan rumah.

 

Kelima elemen yang ada di rumah dipercaya dapat diseimbangkan oleh Bambu Rejeki sehingga Feng Shui menjadi lebih baik. Tetapi, Anda perlu memperhatikan simbolisme dari setiap elemen bila ingin mendapatkan keseimbangan feng shui tersebut.

 

Simbolisme tersebut antara lain:

  • Bambu Rejeki melambangkan unsur kayu.
  • Pemberian pot atau dekorasi vas bunga sebagai unsur bumi.
  • Air di dalam vas sebagai simbol unsur air.
  • Vas bunga yang terbuat dari besi atau kaca melambangkan unsur metal.
  • Dan pemberian hiasan pita merah pada batang bambu sebagai simbol dari unsur api.

 

Selain mengandung simbol dari kelima unsur, Feng Shui dari tanaman Bambu Rejeki juga memiliki kaitan erat dengan jumlah tanaman Bambu Rejeki yang kita tanam di dalam rumah. Jumlah batang dari tanaman tersebut diyakini memiliki arti hokinya masing-masing.

 

Berikut arti jumlah batang tanaman Bambu Rejeki yang diyakini membawa hoki:

  • Bambu Rejeki berjumlah 2 batang, diyakini sebagai penguat cinta dan pernikahan.
  • Bambu Rejeki berjumlah 5 batang, diyakini sebagai penguat kesehatan dari pemiliknya.
  • Bambu Rejeki berjumlah 8 batang, diyakini sebagai penguat rejeki penghuni rumah.
  • Bambu Rejeki berjumlah 9 batang, diyakini sebagai pengundang hoki ke dalam rumah.

 

Cara Perawatan Tanaman Bambu Rejeki ‘Si Pembawa Hoki’

 

Tanah ataupun air dapat dijadikan sebagai media tanam Bambu Rejeki. Meski dapat ditanam pada media air, tanaman ini justru tidak memerlukan banyak air.

 

Air yang berlebihan malah dapat merusak pertumbuhan tanaman Bambu Rejeki. Apabila Anda menggunakan media tanam dari tanah, pastikan untuk menyirami tanaman hanya beberapa hari sekali saja. Hal ini hanya untuk memastikan agar tanah tetap lembab, tetapi jangan sampai terlalu basah.

 

Sedangkan bagi Anda yang menggunakan media tanam air, cukup tambahkan air seminggu sekali dengan ketinggian secukupnya asalkan akar dari Bambu Rejeki tetap terendam dalam air.

 

Penggunaan pupuk yang berlebihan juga perlu Anda hindari karena tanaman ini sangat sensitif pada perubahan drastis nutrisi yang terkandung dalam media tanam.

 

Tanaman Bambu Rejeki juga tidak boleh terkena sinar matahari langsung karena dapat membuatnya cepat kering dan mati.

 

Ada saatnya pula bagian-bagian dari tanaman bambu seperti daun, ataupun kuncup mulai menguning. Biasanya disebabkan karena kekurangan air atau temperatur suhu yang terlalu terik, atau penggunaan pupuk yang berlebih.

 

Sebelum bagian-bagian yang menguning tersebut menyebar, segera pangkas dan cari apa yang menjadi penyebab menguningnya bambu.

 

Elastisitas batang yang mampu dibentuk-bentuk dan dibuat melengkung, menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi tanaman Bambu Rejeki. Bila ingin melakukan hal tersebut, gunakan bagian batang yang masih muda karena tingkat elastisitasnya masih cukup baik.

 

Nah, itulah sekilas tentang jenis tanaman Bambu hias yang diyakini membawa hoki. Bagaimana, apakah tertarik untuk menamam Bambu Rejeki di rumah Anda?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *