Rekomendasi Bibit Tanaman Aquascape yang Indah untuk Akuarium

aquascape

Apakah Anda sedang mencari referensi bibit tanaman aquascape yang indah untuk akuarium? Bila demikian, Anda berada pada halaman yang tepat.

 

Yang dimaksud dengan tanaman aquascape adalah ragam jenis tumbuhan yang banyak ditempatkan dalam akuarium sebagai hiasan. Tanaman aquascape di dalam akuarium tidak hanya mempercantik tampilan, tapi juga menjadi tempat bermain dan bersembunyi ikan.

 

Ada banyak ragam tanaman aquascape yang bisa Anda tempatkan dalam akuarium. Biasanya tanaman tersebut dapat tumbuh bila didukung oleh adanya karbondioksida, pencahayaan, suhu, dan pH tertentu guna membantu proses fotosintesis tanaman.

 

Jika Anda berniat untuk menanam aquascape dalam akuarium, ada baiknya ketahui dahulu jenis-jenis tanaman aquascape apa yang mudah untuk ditanam oleh pemula. Berikut kami sampaikan ulasannya!

 

Baca Juga :

Tips memilih bibit sawit yang baik dan benar

1. Java Moss

 

Tanaman aquascape ini cukup populer untuk dipelihara di akuarium. Java Moss minim pemeliharaan dan biasanya tumbuh di kayu apung (drift wood) dan batu.

  • Fungsi: Penutup bagian bawah akuarium, perlindungan bagi bayi ikan, dan sumber makanan sekunder untuk bayi ikan.
  • Perawatan: Cocok dengan semua jenis pencahayaan, dan dapat tumbuh dengan baik pada suhu air 21-24 derajat celsius.

 

2. Anubias Nana

 

Tanaman ini memiliki daun gelap dan pertumbuhannya bisa berukuran sampai 15 cm. Anubias Nana tidak memerlukan perawatan yang rumit, dan sangat cocok bagi pemula.

  • Fungsi: Penambah keindahan dan dapat ditempatkan di seluruh bagian akuarium.
  • Perawatan: Memerlukan pencahayaan yang moderat, dan suhu air antara 22-28 derajat celsius.

 

3. Lilaeopsis

 

Tanaman ini menyerupai rumput dan dapat tumbuh hingga panjang 5 cm. Lilaeopsis dapat menyebar dengan cepat ke seluruh lantai akuarium.

  • Fungsi: Menutupi lantai akuarium, dan sebagai tempat persembunyian untuk bayi ikan.
  • Perawatan: Perlu dipangkas secara berkala bila mulai menyerang tanaman lainnya, memerlukan pencahayaan dengan lampu menengah, dan suhu air sekitar 23-29 derajat celsius.

 

4. Amazon Sword

 

Sesuai dengan namanya, aquascape yang satu ini memiliki bentuk daun menyerupai pedang. Amazon Sword dapat tumbuh hingga ukuran 50 cm dan sangat cocok sebagai background untuk akuarium.

  • Fungsi: Sebagai dekorasi background akuarium, dan tempat persembunyian ikan kecil.
  • Perawatan: Seringkali ditempatkan dalam kelompok di belakang akuarium, memerlukan pencahayaan moderat, dan suhu air sekitar 22-28 derajat celsius.

 

5. Hygrophilla Difformis (Water Wisteria)

 

Hygrophilla Difformis dapat tumbuh dengan cepat, dan menambah keindahan akuarium di rumah Anda.

  • Fungsi: Tanaman karpet di bagian depan akuarium, dan melapisi lantai akuarium.
  • Perawatan: Cukup minim dan bebas masalah, memerlukan pencahayaan menengah, serta suhu air berkisar 23-28 derajat celsius.

 

6. Java Fern

 

Tanaman ini sangat populer karena perawatannya yang minim dan sangat indah untuk tampilan akuarium Anda. Java Fern juga dapat ditempatkan di hampir semua area akuarium.

  • Fungsi: Untuk dekorasi background, dan tempat persembunyian ikan.
  • Perawatan: Memerlukan pencahayaan rendah hingga menengah, dan suhu air antara 20-28 derajat celsius.

 

7. Green Tiger Lotus

 

Bibit tanaman aquascape yang terakhir dalam daftar kami ini akan tumbuh berdaun lebar dan hanya memerlukan sedikit perawatan.

  • Fungsi: Tempat persembunyian yang bagus untuk ikan, dan cocok untuk dekorasi background akuarium.
  • Perawatan: Memerlukan pencahayaan moderat, dan suhu air berkisar 22-28 derajat celsius.

 

Itulah beberapa jenis bibit tanaman aquascape yang bisa menjadi referensi untuk mempercantik tampilan akuarium. Tanaman di atas rata-rata memerlukan pemeliharaan yang minim sehingga cocok bagi pemula yang ingin mencoba menanam aquascape di akuarium.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *