5 Cara Mudah Menanam Bibit Bidara untuk Pemula

Bagaimana cara mudah menanam bibit Bidara untuk pemula? Hal inilah yang akan dibahas pada posting kami berikut ini.

 

Pohon Bidara atau yang juga dikenal dengan nama Pohon Jujube memiliki nama ilmiah Ziziphus Mauritiana. Pohon ini termasuk jenis pohon kecil penghasil buah yang pertumbuhan alaminya ada di daerah kering.

 

Ciri fisik Pohon Bidara antara lain berbentuk perdu atau pohon kecil yang biasanya berbatang bengkok, warna daunnya hijau mengkilap dengan kulit batang berwarna abu-abu terang.

 

Pohon Bidara memiliki buah berbentuk oval atau bulat lonjong berwarna hijau saat masih muda, dan menjadi coklat tua ketika sudah matang.

 

Pohon Bidara dapat tumbuh di daerah dengan ketinggian sekitar 1000 mdpl dan setidaknya memiliki curah hujan 300-400 mm per tahun.

 

Suhu maksimum untuk pertumbuhan Pohon Bidara sekitar 37-48 derajat celsius, sedangkan untuk suhu minimumnya sekitar 7-13 derajat celsius, dan dapat bertahan pada kondisi embun beku yang ringan.

 

Persiapan Menanam Bibit Pohon Bidara

 

Ada beberapa cara yang dapat digunakan dalam memperbanyak Pohon Bidara, di antaranya ialah dengan cara cangkok dan semai dari biji.

 

Bibit yang berasal dari hasil cangkokan biasanya akan lebih cepat berbuah karena berasal dari pohon yang sudah agak dewasa. Sementara bila Anda menanam dari biji, biasanya memerlukan waktu bertahun-tahun baru dapat menghasilkan buah.

 

Langkah-langkah Menanam Bibit Bidara

 

Dalam langkah-langkah penanaman bibit Bidara kali ini, kita akan menggunakan cara semai biji. Silahkan perhatikan baik-baik langkah menanam bibit Bidara yang akan kami jelaskan berikut ini:

 

Pertama, pecahkan biji bidara dari cangkang luarnya menggunakan palu dan tang. Hati-hati saat memecahkannya, jangan sampai biji yang berada di dalam cangkang ikut pecah dan rusak. Biji Bidara yang sudah dipecahkan memiliki tampilan seperti biji semangka tapi berwarna kecoklatan.

 

Kedua, sediakan beberapa wadah, dan tisu/kapas untuk penyemaian. Supaya lembab, semprotkan air secukupnya. Letakkan biji ke atas wadah penyemaian satu per satu. Kemudian sungkup wadah penyemaian sekitar 2-3 hari untuk mengeluarkan akar muda atau kecambah.

 

Ketiga, siapkan media tanam untuk biji Bidara yang sudah mengeluarkan kecambah. Anda bisa menggunakan campuran tanah dan sekam supaya media lebih porous (tidak mengendap air).

 

Keempat, pindah biji Bidara yang sudah mengeluarkan kecambah ke dalam media tanam secara hati-hati. Jangan sampai akar muda dari biji tersebut patah.

 

Terakhir, siram secukupnya dan sungkup wadah. Hindari terkena sinar matahari langsung. Tunggu kira-kira 1 minggu, biji Bidara akan mulai mengeluarkan 2-3 daun muda.

 

Pemeliharaan Pohon Bidara yang Sudah Dewasa

 

Pohon Bidara yang baru ditanam kemudian ikatkan pada ajir/tonggak. Pemangkasan juga perlu dilakukan untuk mendapatkan 4 atau 5 cabang penyangga yang bentuknya bagus.

 

Pohon Bidara yang ditanam berasal dari biji semai biasanya dapat menghasilkan buah pada tahun kedua. Di tahun keempat biasanya sudah dapat menghasilkan buah yang memadai dan dapat dipanen secara rutin.

 

Lakukan pula pemupukan menggunakan pupuk kandang setelah pertumbuhan berlangsung. Tambahkan pupuk Nitrogen sebagai pelengkap saat Pohon Bidara sudah mengalami pembentukan buah.

 

Tanaman yang sedang berbuah jangan sampai kekurangan air. Pastikan juga lahan tanam selalu bersih dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya.

 

Memanen Buah Bidara

 

Buah Bidara biasanya tidak matang secara serentak, jadi untuk menuntaskan panen akan diperlukan pemetikan sebanyak 4 kali atau lebih. Jangan memetik buah yang masih mentah karena akan menjadi berbau tidak enak.

 

Pastikan memetik buah Bidara yang telah benar-benar matang, tapi juga jangan terlalu matang karena warnanya akan menjadi kurang menarik dan teksturnya juga jadi agak keriput.

 

Sekian ulasan yang dapat kami sampaikan tentang cara mudah menanam bibit Bidara untuk pemula. Semoga sukses dengan usaha budidaya Pohon Bidara yang Anda lakukan!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *